Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memoderasi Komentar di Blogspot

Dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), Moderasi adalah penghindaran keekstreman. Jika dikaitkan dengan fitur dalam blogspot, kita mengenal yang namanya moderasi komentar. Moderasi komentar adalah suatu upaya dan proses untuk menghindari keekstreman komentar dari pengunjung sehingga memungkinkan pemilik blog dapat menjaga blog agar tetap bersih dari komentar yang kurang diharapkan olehnya maupun oleh pengunjung lainnya yang membaca.

Oleh karena itu, penting untuk seorang pengelola atau pemilik blog bisa memoderasi komentar dari pengunjung sebelum terbit di postingan blog.

Mengapa harus dimoderasi dulu?
Alasannya yaitu tidak semua komentar di blog ditulis dengan cara yang baik. Jadi, itulah alasan mengapa perlu mengaktifkan moderasi komentar di blogspot.

Sebuah komentar akan bernilai baik untuk blog jika isinya adalah pertanyaan atau pernyataan yang sesuai dengan konten atau postingan yang dikomentari, dan sebaliknya.

Tujuan utama memoderasi komentar yaitu upaya pencegahan (preventif) dari tindakan kurang pantas yang dibuat dengan sengaja.

Bagaimana cara memoderasi komentar di blogspot?

  • Login ke Blogger
  • Klik menu Setelan
  • Pilih Postingan, komentar, dan berbagi
  • Pada Siapa yang dapat mengomentari, pilih Semua orang
  • Pada Moderasi komentar, pilih Selalu
  • Klik tombol Simpan setelan.
Berikut ini tampilan gambarnya.








Kesimpulan:
Mengaktifkan moderasi komentar di blog perlu dilakukan demi menjaga agar komentar dari pengunjung selalu relevan dengan konten atau postingan. Dengan melakukannya berarti kita sudah berupaya menciptakan konten yang ramah bagi pengunjung lainnya. Sebenarnya tindakan tersebut bisa diterapkan saat blog sudah memiliki lalu lintas yang banyak, akan tetapi sebagai antisipasi maka kita bisa menerapkan moderasi pada kolom komentar sejak pertama blog di buat.