Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Alasan dibalik Pembatasan Tayangan Iklan AdSense 2019

Selamat datang Sobat Blogger.
Di artikel ini saya ingin curhat tentang masalah pembatasan tayangan iklan AdSense di tahun 2019 ini. Saya adalah salah satu publisher yang juga terkena pembatasan tayangan iklan.

Tepatnya tanggal 26 September 2019, saya mendapatkan notifikasi pada akun AdSense yang isinya seperti terlihat pada gambar berikut.








Kalau diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, kurang lebih isinya yaitu pemberitahuan bahwa tayangan iklan di akun Anda sedang dibatasi saat kami menilai kualitas traffic situs Anda. Kami akan meninjau dan memperbarui pembatasan ini, sementara kami akan menilai traffic Anda.

Jadi, intinya, saya terkena pembatasan tayangan iklan dengan masalah kualitas traffic.
Sebagaimana tercantum dalam "Issues" maka permasalahan saya adalah akun sedang dinilai.

Saran Google untuk saya tercantum pada bagian "What you can do" atau Apa yang harus dilakukan. Di sana dicantumkan bahwa untuk pembatasan iklan dengan kasus akun sedang dinilai adalah melanjutkan untuk membangun konten dan audiens di situs.

Jujur, saya awalnya kaget telah menerima notifikasi ini bingung apa yang harus dilakukan. Berbagai macam cara saya lakukan, mulai dari mencopot kode iklan AdSense, membaca postingan blogger lain yang membahas permasalah ini, namun sampai saat ini iklan di blog saya belum juga tayang 100%.

Studi Permasalahan:
Saya memang merasa bahwa notifikasi ini pantas saya terima, karena beberapa bulan ke belakang saya malas menulis postingan karena pekerjaan di luar jam online. Akibatnya, traffic blog saya turun dan akhirnya mungkin tayangan iklan di blog juga menurun dan kena deh imbasnya ke pembatasan tayangan iklan.

Di samping itu, beberapa bulan ke belakang juga saya lebih mengutamakan share artikel atau postingan di fanspage. Jadi, mungkin itu juga penyebab lain yang mendasari pembatasan iklan di akun saya.

Sementara ini, saya belum bisa membagikan solusi untuk permasalahan ini. Akan tetapi, jika kita melihat isi email masuk pada akun Google, di sana tercantum bahwa katanya saya hanya perlu memperhatikan isi dari email tersebut, yaitu terus membuat konten dan memperbanyak audiens atau pengunjung di blog saya.

Untuk permasalahan kapan proses penilaian akun ini selesai, Google juga tidak memberitahukannya. Akan tetapi saya berkesimpulan, bagi Sobat yang kasusnya sama seperti saya, solusi untuk masalah ini yaitu kita harus rajin update artikel untuk meningkatkan traffic di situs atau blog supaya tayangan iklan AdSense kembali normal.

Hanya itu mungkin curhat dari saya.
Mari kita jaga semangat untuk terus membuat konten yang bermanfaat bagi pengguna internet.

Ke depannya, jika saya sudah berhasil memperbaiki masalah ini, saya akan tulis update tentang solusi versi saya di postingan ini.

Thank you...