Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Formulir Pendaftaran untuk Anggota Baru Pramuka

Ketika akan merekrut anggota baru dalam kegiatan ekstrakurikuler pramuka, pembina sebaiknya menyediakan formulir pendaftaran yang harus diisi oleh calon anggota supaya dapat diketahui datanya dengan jelas. Di samping itu, dengan menggunakan formulir, sistem rekrutmen anggota baru pun lebih profesional. Oleh sebab itu, di sini admin akan membagikan dokumen contoh formulir pendaftaran pramuka.

Tujuan dibagikannya contoh formulir ini adalah sebagai bentuk sharing administrasi berkenaan dengan kegiatan pramuka di sekolah atau gugus depan (gudep). Contoh ini kami tujukan bagi pembina pramuka baik di tingkatan siaga, pramuka penggalang, maupun penegak. Jadi contoh formulirnya bisa digunakan baik oleh pramuka di tingkat sekolah dasar, SMP, maupun SMA.

Sebelum membagikan dokumen, ada baiknya apabila membahas sedikit mengenai apa itu formulir pendaftaran anggota baru pramuka, apa kegunaan dan manfaatnya, serta bagaimana contohnya.

Formulir pendaftaran anggota baru pramuka merupakan sebuah lembar isian data yang diisi oleh calon anggota pramuka baru yang akan mendaftarkan diri menjadi seorang anggota pada kegiatan ekskul pramuka yang diselenggarakan pada gugus depan (sekolah) -nya.

Kegunaan atau fungsinya yaitu sebagai instrumen pengumpulan data calon anggota yang akan mengikuti kegiatan. Selain itu, formulir tersebut juga digunakan sebagai bukti dan administrasi kegiatan ekskul pramuka.

Manfaatnya bagi pembina pramuka yaitu dapat mengetahui data calon anggota berdasarkan nama, kelas, dan lain sebagainya.

Formulir pendaftaran pramuka ini tersusun dari:
  • Judul "formulir ..."
  • Isian data calon anggota.

Contohnya bisa dilihat pada gambar berikut.
formulir pendaftaran anggota baru pramuka

Itulah contohnya.

Jika ingin membuatnya sendiri, Kakak pembina dapat mengetik pada word atau excel di komputer dengan mengikuti format pada gambar di atas. Adapun apabila menginginkannya dalam bentuk dokumen (.doc), Kakak bisa mendownloadnya melalui tautan berikut.

Download contoh formulir pendaftaran anggota baru pramuka.doc

Baca juga:

Demikian yang dapat disampaikan dan dibagikan pada kesempatan ini. Semoga contoh formulir yang dibagikan dapat dimanfaatkan dengan sebaiknya dalam kegiatan pendaftaran anggota pramuka yang baru di tahun ini.