Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Tabel Program Remedial dan Pengayaan SD

Program remedial dan pengayaan adalah suatu upaya guru untuk meningkatkan mutu pembelajaran di kelas. Remedial merupakan kegiatan pembelajaran yang diberikan kepada siswa yang belum mencapai nilai minimum (KKM) pada suatu kompetensi dasar materi pelajaran yang diikuti dengan tujuan supaya siswa dapat mencapai nilai tersebut. Adapun program pengayaan diadakan oleh guru dengan tujuan untuk lebih memaksimalkan kemampuan siswa yang sudah mencapai KKM dengan tujuan agar siswa tersebut lebih termotivasi lagi dalam belajar.

Mengingat bahwa program remedial dan pengayaan itu penting bagi siswa, maka setelah dilakukannya tes baik berupa PTS (Penilaian Tengah Semester) atau UTS (Ujian Tengah Semester) dan mengetahui hasilnya, maka perlu dilaksanakan remedial bagi siswa yang belum memenuhi nilai minimum dan pengayaan untuk siswa yang sudah mencapai nilai KKM. Untuk guru yang akan melaksanakannya tentu Bapak/Ibu akan membutuhkan contoh program remedial dan pengayaan.

Pada kesempatan ini, saya akan membagikan contoh format tabel program remedial dan pengayaan untuk guru di sekolah dasar atau SD.

Manfaat contoh tabel tersebut diantaranya:
  • Dapat dijadikan referensi bagi guru yang akan membuatnya
  • Sebagai dokumen administrasi guru kelas.
Berikut ini masing-masing contohnya.

1. Tabel Program Remedial:
Berikut ini merupakan gambar dari contoh yang dimaksud.




Ingin mendapatkan doc bisa didownload di bawah ini.

Doc Tabel Program Remedial - Download


2. Tabel Program Pengayaan:
Berikut ini gambarnya.



Doc Tabel Program Pengayaan - Download

Demikian pembahasan yang dapat saya sampaikan semoga konten dalam postingan ini dapat bermanfaat bagi guru di sekolah dasar.