Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Pidato Amanat Wali Kelas dalam Pembagian Rapor

Ketika tiba waktu pembagian rapor atau buku laporan hasil belajar, wali kelas umumnya selalu menyampaikan amanat kepada para siswa (peserta didik) sebelum rapor dibagikan.

Pada dasarnya wali kelas menyampaikan hal-hal seputar ucapan terima kasih kepada siswa karena sudah belajar dengan baik selama satu semester, ucapan selamat kepada siswa yang mendapatkan nilai tertinggi atau peringkat yang bagus di kelas, menitipkan salam kepada orangtua siswa di rumah, dan menyampaikan berapa lama waktu libur semesteran serta kapan masuk kembali sekolah.

Nah, di postingan ini pun saya akan menulis contoh pidato amanat wali kelas pada saat pembagian raport dengan isi pembahasannya seperti yang disampaikan pada paragraf kedua. Konten ini ditujukan bagi guru atau wali kelas yang bekerja di sekolah dasar, SMP, dan/atau SMA.

Berikut ini contohnya:

Selamat pagi anakku sekalian.

Puji syukur ke hadirat Allah yang Maha Esa karena pada hari ini kita telah tiba pada saat yang ditunggu-tunggu atau dinantikan, yaitu pembagian raport.

Pertama-tama; Ibu ucapkan terima kasih kepada kamu sekalian yang sudah berjuang untuk belajar dengan sungguh-sungguh dan giat selama satu semester ke belakang, dan syukur sekali karena hasil dari belajar selama 6 bulan sebelumnya kelas kita mendapatkan nilai rata-rata hasil PAS / UAS paling tinggi.

Tepuk tangan...

Kedua; Ucapan selamat juga kepada kalian yang meraih peringkat 3 besar di kelas ini, dan suatu kebanggaan pula karena peringkat pertama di kelas ini meraih prestasi akademik terbaik dan ditetapkan sebagai juara atau peringkat 1 umum di sekolah kita.

Ketiga; Sampaikan salam Ibu kepada orangtua kalian di rumah. Sampaikan juga permohonan maaf karena Ibu belum bisa bersilaturahmi atau berkunjung ke rumah kalian karena kesibukan pekerjaan di sekolah dan di luar sekolah. Mudah-mudah ke depannya kita semua bisa dipertemukan.

Terakhir; sebelum Ibu membagikan raport kalian, perlu kamu ketahui bahwa di semester ini kita libur selama 2 minggu terhitung dari hari senin depan. Masuk sekolah lagi pada tanggal ... Januari 2020.

Baiklah.

Sekarang silakan duduk yang rapi dan ketika nama kamu disebutkan, silakan berdiri dan maju untuk mengambil raport masing-masing kemudian langsung pulang.

Nah, itulah contoh pidato amanat dari wali kelas kepada peserta didik (siswa) dalam acara pembagian raport. Semoga contoh yang ditulis di artikel ini bermanfaat bagi wali kelas di sekolah mana pun Bapak/Ibu berada.
Tambahan:
Teks pidato bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi kelas di sekolahnya masing-masing.