Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Agenda Kegiatan Pramuka untuk SD, SMP, dan SMA

Kegiatan pramuka yang telah dilaksanakan seminggu sekali sudah tentu perlu di-agenda-kan dalam sebuah catatan yang disebut buku agenda kegiatan. Hal tersebut perlu dilakukan mengingat bahwa di samping adanya kegiatan maka diperlukan juga adanya bukti fisik dalam rangka memenuhi administrasi.

Agenda kegiatan ini merupakan salah satu administrasi yang perlu dimiliki oleh setiap guru yang diberi tugas tambahan sebagai pembina pramuka di sekolahnya masing-masing. Baik pembina di SD, SMP, dan/atau di SMA.

Dengan adanya agenda tersebut pembina dapat mengetahui materi apa saja yang sudah diberikan kepada anggota pramuka dan mana yang belum disampaikan.

Mengingat hal tersebut, tentunya pembina pramuka harus membuat agenda guna mengetahui jadwal kegiatan pramuka yang telah dilaksanakan.

Mengacu pada judul postingan yang sedang Anda baca, pada kesempatan ini saya akan berbagi contoh agenda kegiatan pramuka, yang mana ini bisa digunakan oleh pembina pramuka di SD, SMP, dan/atau di SMA.

Nah, sebelum saya membagikan contohnya, Anda saya ajak untuk membaca terlebih dahulu tentang agenda kegiatan pramuka.

A. Pengertian

Agenda kegiatan pramuka adalah sebuah buku yang di dalamnya berisi catatan pelaksanaan kegiatan berdasarkan waktu, uraian/ deskripsi, dan tingkat keberhasilan.

B. Kegunaan

Kegunaan dari agenda ini diantaranya yaitu:
  • Sebagai bukti fisik
  • Sebagai bahan laporan kegiatan
  • Sebagai pelengkap administrasi sekolah yang berkaitan dengan kegiatan siswa.

C. Manfaat

Manfaat agenda tersebut bagi pembina di antaranya yaitu:
  • Dapat dimanfaatkan sebagai dokumen pelengkap administrasi pramuka
  • Sebagai pengingat materi yang sudah disampaikan.

D. Contoh format

Bagi Ibu/Bapak pembina pramuka, baik yang membina kepramukaan di sekolah dasar, SMP, dan SMA, Anda dapat melihat contoh format agenda tersebut pada gambar berikut.






Nah, itulah contoh agenda kegiatan pramuka terbaru tahun 2019 dari kami yang dikhususkan bagi pembina di SD, SMP, dan SMA yang membutuhkannya sebagai referensi guna membantu proses pembuatan agenda tersebut.

Bagi Anda yang menginginkannya dalam bentuk document (.doc), Anda dapat mendownloadnya melalui tautan berikut.
Sekian pembahasan dan dokumen yang dapat saya bagikan. Terima kasih telah berkunjung ke blog ini. Selamat bekerja dan semoga sukses. 
Admin Seorang yang ingin terus belajar tanpa mengenal batas waktu.