Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Surat Izin Pramuka yang Baik dan Benar

Surat izin pramuka pada umumnya merupakan surat yang dibuat atau ditulis tangan oleh orangtua/wali dari anggota atau pengurus pramuka yang tidak bisa hadir/ mengikuti kegiatan sebagaimana biasanya karena keadaannya sedang sakit atau ada keperluan keluarga yang tidak bisa diundurkan atau ditunda.

Tujuan dibuatnya surat izin tersebut tiada lain adalah untuk memberitahukan dan memohon kepada pembina agar diizinkan. Selain itu, surat ini juga ditulis sebagai bentuk tanggung jawab anggota pada organisasi dan pembina pramuka yang membimbing kegiatan. Oleh sebab itu, sebagai anggota atau pengurus pramuka yang baik dan taat maka kita sudah seharusnya membuat surat izin apabila ada keperluan. Dengan begitu, kita sudah menunjukkan loyalitas dan tanggung jawab pada organisasi pramuka yang kita ikuti. Benar, kan? Setuju? 😊

Untuk membuat surat izin pramuka tentunya kita tidak boleh asal atau sembarangan, karena menulis surat izin itu ada aturannya.

Mau tau bagaimana cara membuat surat izin pramuka yang baik dan benar?

Berikut ini caranya:

(1) Gunakan kertas folio bergaris sebagai media untuk menulis surat izin. Kita bisa juga menggunakan kertas pada buku tulis biasa, asalkan kertasnya bersih dan rapi.

(2) Gunakan pulpen dengan tinta berwarna hitam.

(3) Gunakan kalimat yang sopan.

(4) Gunakan bahasa Indonesia formal dan sesuai dengan ejaan atau EYD.

(5) Tulis surat dengan susunan yang benar. Susunan surat izin pramuka yang benar secara berurutan dimulai dengan menuliskan tanggal pembuatan surat, orang dan tempat yang dituju (dalam hal ini adalah pembina), salam pembuka, menyebutkan nama dan kelas dari anggota atau pengurus yang meminta izin tidak bisa hadir (tidak mengikuti kegiatan), alasan atau penyebab tidak bisa hadir, ucapan terima kasih karena sudah meluangkan waktu untuk membaca surat dan atas izin yang diberikan, salam penutup, tanda tangan dan nama jelas orangtua.

(6) Tulis surat langsung menggunakan tangan (bukan hasil cetak dari komputer).

(7) Masukkan surat ke dalam amplop.

Nah, itulah cara yang baik dan benar untuk membuat surat izin pramuka.

Untuk melengkapi dan memperjelas pembahasan di artikel ini, berikut kami tampilkan contoh suratnya.

Contoh:

Bandung, 7 November 2019

Kepada Yang Terhormat
Bapak/Ibu Pembina Pramuka
di SD/SMP/SMA ...


Assalamu 'alaikum wr. wb.

Dengan hormat.
Pada hari ini kami beritahukan bahwa anggota/ pengurus pramuka .......................... yang merupakan anak kami yang bernama : .......................... kelas .................. tidak dapat mengikuti kegiatan pramuka seperti biasanya dikarenakan ada keperluan keluarga yang tidak bisa ditunda. Oleh sebab itu, kami selaku orangtua dari anak tersebut memohon kepada Bapak/Ibu Pembina pramuka ......................... agar dapat memberikan izin kepada anak kami tersebut.

Akhirnya dengan segala hormat kami ucapkan terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu.

Wassalamu 'alaikum wr. wb.

Hormat kami,

(TTD)
Nama Orangtua

Sekian yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga pembahasan di atas dapat membantu Bapak/Ibu (Orangtua atau Wali dari anggota atau pengurus pramuka) dalam membuat atau menulis surat izin pramuka dengan baik dan benar.