Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Format Tabel Analisis Kebutuhan Jumlah Guru

Analisis kebutuhan guru merupakan suatu kegiatan menganalisa jumlah guru/ tenaga pendidik yang dibutuhkan di satuan pendidikan/ sekolah tertentu berdasarkan banyaknya kelas/ rombel (rombongan belajar), jam pelajaran, dan pendidik yang sudah ada sebelumnya.

Menganalisa kebutuhan jumlah guru di sekolah merupakan hal yang harus dilakukan oleh tenaga administrasi sekolah bersama kepala sekolah guna memenuhi kekurangan pegawai (khususnya tenaga pendidik), sehingga kegiatan pembelajaran di sekolah dapat berlangsung dengan baik dan pemenuhan kebutuhan jumlah guru akan lebih efisien.

Jumlah guru pada suatu sekolah tentunya harus disesuaikan dengan kondisi yang mengacu pada banyaknya kelas dan jam pelajaran apabila mengingat bahwa setiap guru memiliki limit jam mengajar dalam satu minggu.

Untuk merumuskan hal tersebut, tenaga administrasi sekolah urusan kepegawaian khususnya di SMP/ SMA perlu mendata hal-hal yang perlu diketahui sebagai landasan untuk menentukan apakah jumlah guru perlu ditambah atau mungkin dikurangi berdasarkan 3 hal yang disebutkan di atas.

Berkaitan dengan pembahasan di atas, maka pada postingan ini saya akan membagikan contoh format tabel analisis kebutuhan jumlah guru di sekolah.

Contoh ini ditujukan kepada kepala sekolah & tenaga administrasi sekolah (TAS) atau dulu disebut tata usaha (TU) urusan kepegawaian.

Manfaat contoh analisis kebutuhan guru ini bagi kepala sekolah & tata usaha yaitu sebagai media pencatatan data dan rumusan untuk menentukan jumlah guru yang perlu ditambah atau dikurangi, sebagai bukti administrasi kepegawaian sekolah.

Bagaimana contoh format tabelnya?

Contoh analisis kebutuhan jumlah guru dapat dilihat pada gambar berikut.





Apabila menginginkan contoh dalam bentuk file (.doc), Bapak/Ibu dapat mendownloadnya.

Demikian yang dapat saya bagikan dan sampaikan pada postingan ini.