Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Amanat Pembina tentang Cara Mempersiapkan Diri Meraih Cita-Cita

Selamat datang Ibu/Bapak Guru...
Di postingan ini, saya menulis dan membagikan teks pendek atau singkat yang berisi contoh amanat pembina dalam kegiatan upacara senin di sekolah dengan tema mempersiapkan diri untuk meraih cita-cita.





Contoh amanat ini ditujukan bagi guru di SD, SMP, dan.atau di SMA. Guru dapat menjadikannya sebagai bahan pidato atau materi untuk amanat yang akan disampaikan pada hari senin depan.

Ini hanyalah sebuah contoh, apabila contoh ini kurang pas dengan harapan Bapak/Ibu, mohon untuk dimaklumi.

Berikut ini contohnya.

Kepala sekolah yang kami hormati;
Rekan guru sekalian yang saya hormati;
Siswa-siswa yang kami cintai;
Selamat pagi semuanya...

Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Tuhan yang Maha Esa; karena pada senin pagi ini kita dapat melaksanakan kegiatan upacara di sekolah kita tercinta ini.

Isi:
Pada pagi ini Ibu akan menyampaikan amanat kepada siswa-siswi sekalian yaitu tentang cara mempersiapkan diri untuk meraih cita-cita atau harapan di masa depan.

Siswa-siswi sekalian.
Cita-cita adalah harapan atau keinginan seseorang di masa depan. Ini merupakan sesuatu yang belum terwujud namun perlu untuk diwujudkan.

Ketika kita mempunyai cita-cita, maka itu sangat bagus karena cita-cita menandakan bahwa kita mempunyai keinginan. Akan tetapi berkeinginan saja belum cukup, kita perlu berusaha untuk mewujudkannya.

Bagaimana cara mewujudkan cita-cita?
Caranya adalah mempersiapkan diri dengan belajar dan terus mendalami apa yang kamu cita-cita kan.

Perumpamaan sederhana:
Apabila kita bercita-cita ingin menjadi dokter, maka yang harus dipersiapkan adalah belajar dengan giat, ketika masuk ke SMA mengambil jurusan IPA, dan ketika kuliah mengambil jurusan kedokteran.

Itulah gambaran sederhananya.
Memang itu tidaklah mudah karena segalanya tergantung pada kondisi. Akan tetapi, kita harus optimis bahwa tidak ada yang tidak mungkin. Menjadi dokter pun bisa diwujudkan asalkan terus berusaha dan berdo'a.

Semoga apa yang dicita-citakan dapat terwujud di masa depan.
Tetap semangat dan raihlah cita-cita setinggi langit.

Semoga amanat yang disampaikan dapat meningkatkan semangat belajar siswa-siswi sekalian untuk meraih cita-cita. Semoga bermanfaat. Salam.