Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Format Buku Kas Pramuka dan Cara Mengisinya

Selamat datang Pembina Pramuka...
Di artikel ini kami akan berbagi contoh format buku kas pramuka yang bisa digunakan untuk mencatat keuangan organisasi pramuka yang diperoleh dari iuran mingguan anggota. Ini kami tujukan bagi pembina pramuka pada tingkatan penggalang dan/atau penegak.

Sebelumnya, apa yang dimaksud dengan buku kas pramuka?
Ini adalah sebuah buku yang di dalamnya berisi catatan pemasukan, pengeluaran, dan saldo uang kas yang didapatkan dari iuran anggota setiap pelaksanaan kegiatan pramuka di gugus depan.

Kegunaan buku kas pramuka yaitu untuk mencatat besarnya uang iuran yang diperoleh dan digunakan untuk keperluan dalam kegiatan pramuka, juga sebagai bukti telah dilakukannya upaya pengelolaan uang kas dengan baik. Di samping itu, kegunaannya yang lain adalah untuk dijadikan bahan laporan keuangan pramuka setiap bulannya.

Buku kas pramuka tentunya memiliki manfaat baik bagi pengurus (bendahara) maupun pembina, karena ini termasuk salah satu dokumen yang nantinya dapat dimanfaatkan dalam pembuatan laporan pertanggungjawaban keuangan pramuka di akhir masa kepengurusan.

Buku tersebut tersusun atas bagian-bagian yang diantaranya meliputi:
  • Sampul atau cover
  • Isi.
Pada bagian sampul umumnya mencantumkan tulisan: buku kas pramuka, nama sekolah, gugus depan, dan periode buku kas. Adapun di bagian isi, pada dasarnya berupa tabel.

Berikut ini format tabelnya.






Untuk mengisi kolom pada tabel buku kas tersebut, di bawah ini kami uraikan tata caranya.
  • Kolom No. diisi dengan nomor urut berdasarkan tanggal pemasukan atau pengeluaran
  • Kolom Tanggal diisi sesuai tanggal
  • Kolom Uraian diisi dengan keterangan pemasukan atau pengeluaran. Misalnya: Iuran anggota (jika itu merupakan pemasukan), atau "pembelian tambang pramuka" untuk mengisi kolom uraian yang termasuk pengeluaran
  • Kolom pengeluaran dan pemasukan diisi dengan angka / nominal uang yang masuk atau yang digunakan
  • Kolom keterangan bisa diisi dengan catatan tambahan jika diperlukan, kalau tidak ada catatan yang perlu ditulis maka kolom tersebut dikosongkan saja.
Di bawah ini kami juga menyediakan file berupa doc yang berisi contoh buku kas pramuka seperti pada gambar di atas. Bapak/Ibu bisa mendownloadnya apabila mau melalui tautan berikut.

Demikianlah yang bisa kami sampaikan. Semoga konten ini bermanfaat bagi pembina pramuka di SMP maupun SMA. Dan mudah-mudahan juga bisa digunakan sebagai referensi dalam pembuatan buku kas yang dimaksud.