Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Absensi Kelas di Buku Tulis

Selamat datang di dokumensekolahdasar.blogspot.com
Pembahasan kali ini adalah cara membuat absen kelas di buku tulis.

Absen kelas adalah catatan yang berisi data kehadiran peserta didik atau siswa berdasarkan hari dan tanggal efektif belajar sesuai kalender pendidikan.

Absen dibuat dengan tujuan untuk menuliskan siswa yang hadir dan yang tidak hadir pada hari & tanggal tertentu supaya guru kelas dapat mengetahui sejauh mana persentase kehadiran siswa selama satu semester atau bahkan satu tahun pelajaran.

Di samping untuk mencatat kehadiran siswa, absensi juga merupakan satu dari sekian banyak administrasi guru yang harus dimiliki karena dokumen tersebut sangatlah diperlukan guna sebagai petunjuk atas permasalahan siswa dalam kehadirannya di kelas.

Pada umumnya, buku absensi dibuat pada kertas HVS yang dicetak melalui perantara word. Akan tetapi, absensi juga dapat dibuat secara manual dengan tulis tangan pada buku tulis.

Emang bisa?
Kan buku tulis itu ukurannya kecil.
Tidak masalah. Kita masih tetap bisa membuat absensi kelas di buku tulis, asalkan jumlah siswa yang ada di kelas tidak terlalu banyak.

Kita bisa menggunakan selembar buku tulis menjadi buku absen untuk 15 sampai 20 hari.

Bagaimana caranya?

Langkah-langkah membuat buku absensi kelas pada buku tulis

  • Siapkan satu buah buku tulis baru
  • Pada halaman pertama, pada bagian atas garis di buku tulis, Anda buat 19 sekat
  • Sebelum membuat sekat tersebut, usahakan tulis dahulu keterangan untuk data yang akan dicantumkan (seperti Nomor, NIS, Nama Siswa, L/P, Tanggal Kehadiran sebanyak 15 kolom ke samping)
  • Tarik garis vertikal menggunakan pulpen dan penggaris pada setiap ujung kata keterangan yang ditulis sebelumnya
  • Isi nomor urut dan NIS berdasarkan urutan nomor absen peserta didik
  • L/P diisi dengan jenis masing-masing
  • Pada kolom bulan dan tanggal, di bawahnya isi dengan nomor 1 - 15 secara berurutan ke samping kanan (ini berfungsi sebagai tanggal hari belajar efektif).

Supaya lebih jelas, silakan melihat gambar berikut.





Nah, demikianlah cara pembuatan absen di buku tulis.
Anda bisa melihat format pada gambar di atas.

Kesimpulan:
Absensi bisa dibuat di kertas apa pun termasuk di buku tulis, hanya saja ketika menggunakan buku tulis sebagai media pembuatan absen, maka akan ada kekurangannya seperti daya tampung kolom untuk sebuah tabel akan terbatas. Nah, agar kapasitas kolom pada tabel absen muat banyak di buku tulis maka disarankan agar menggunakan buku tulis yang ukurannya cukup lebar.