Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Format Program Kerja Operator Dapodik

Program kerja operator dapodik adalah suatu perencanaan kegiatan yang disusun, dibuat, dan akan dilaksanakan oleh operator yang bertugas mengelola data pokok pendidikan di sekolah.

Tujuan dibuatnya program kerja operator dapodik ini adalah untuk merencanakan kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan oleh sang operator untuk satu tahun ke depan dengan mengacu pada tugas dan fungsi operator sekolah serta didasarkan pada kalender pendidikan yang berlaku.

Manfaat program kerja bagi operator dapodik diantaranya:
  • Dapat dijadikan dokumen pegangan operator
  • Dapat dijadikan sebagai arsip sekolah
  • Dijadikan bukti fisik dalam penilaian akreditasi.
Menimbang manfaat di atas, tentunya program kerja tersebut sangat bermanfaat khususnya bagi operator bersangkutan. Sehingga, keberadaan programnya pun perlu diadakan atau dibuat. Oleh sebab itu, pada kesempatan ini saya akan berbagi contoh program kerja tersebut dengan rekan operator dapodik di SD, SMP, SMA/SMK (khususnya yang bekerja di SD).

Mengapa Anda perlu memiliki contoh format program kerja operator dapodik tersebut?
Alasannya adalah untuk mewujudkan tertib administrasi di sekolah. Di samping itu, program tersebut juga dapat menjadi acuan bagi operator dalam menjalankan kegiatannya dari waktu ke waktu. Sehingga, operator dapodik dapat mengetahui apa saja kegiatan yang telah dilaksanakan selama setahun ke depan berdasarkan momentum yang sesuai dengan kalender pendidikan.

Bagaimana formatnya? Pada dasarnya, program kerja operator dapodik ini berupa lembaran. Setiap lembar dari program kerja tersebut mencantumkan sebagai berikut:
  • Kop sekolah (pada bagian atas)
  • Judul (program kerja pelaksana operator dapodik)
  • Tahun pelajaran
  • Tabel yang terdiri dari 8 kolom ke samping (masing-masing secara berurutan dari sebelah kiri kolomnya mencantumkan keterangan nomor, nama kegiatan, tujuan, sasaran, target, waktu, pelaksana, dan sumber dana)
  • Tempat dan tanggal pembuatan program
  • TTD Kepala tenaga administrasi sekolah dan pelaksana operator dapodik.
Lebih jelasnya lagi, Saudara dapat melihat format program operator tersebut pada tampilan dokumen (.doc) di bawah ini.

program kerja operator dapodik

Dokumennya di bawah:

Download contoh format program kerja operator dapodik.doc

Lihat juga: Contoh buku kegiatan harian operator dapodik.

Demikian contoh format program kerja operator dapodik yang dapat dibagikan. Semoga bermanfaat dan selamat melanjutkan kembali pekerjaannya.