Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Format RPP Satu Halaman untuk SMP

Dalam postingan ini saya akan membagikan Format RPP Satu Halaman Kelas 9 Mapel PPKn SMP. RPP atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran 1 Halaman atau satu lembar ini merupakan versi terbaru sejak menjabatnya Nadiem Anwar Makariem sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, sebagaimana diinformasikan dalam surat edaran Medikbud nomor 14 tahun 2019.

Sebagaimana judul artikel ini, RPP yang kami share merupakan format bagi guru yang mengajar di SMP, khususnya guru mapel PKn kelas 9, karena formatnya berisi RPP satu halaman/ lembar yang kebetulan memuat kompetensi dasar pada mapel PPKn kelas 9.

Sebelumnya, Bapak/Ibu perlu tahu bahwa ada beberapa istilah unik yang digunakan dalam RPP 1 halaman ini yakni di bagian langkah-langkah pembelajaran. Istilah-istilah yang digunakan di antaranya yaitu Senangi, Hubungkan, Alami, Terapkan, dan Inspirasikan.

Nah, terdengar baru kan?

Jika sebelumnya, kita terbiasa dengan istilah apersepsi, konfirmasi dan sebagainya, namun di RPP yang satu ini kita menemukan istilah yang sebelumnya jarang atau hampir tidak digunakan dalam menyusun RPP.

Anda juga perlu mengetahui, RPP tersebut punya kelebihan dan kekurangan.Kelebihannya yaitu lebih menghemat ruang penggunaan kertas, sehingga lebih hemat kertas. Adapun kekurangannya yaitu RPP 1 lembar tidak dapat menampung detail atau rincian kegiatan pembelajaran lebih rinci, jadi cakupa atau komponennya tentu lebih global.

Anda bisa melihat format RPP yang dimaksud pada gambar di bawah ini

Demikian contoh formatnya dalam bentuk gambar.

Untuk mendapatkannya secara utuh, Bapak/Ibu bisa mendownload doc RPP satu lembar sebagaimana dimaksud melalui link berikut:

Download Doc RPP Satu Halaman untuk SMP

Itulah yang bisa kami sampaikan di kesempatan hari ini. Semoga bermanfaat.