Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengapa Pengembangan Silabus dan RPP setiap Sekolah Beda?

Selamat datang di dokumensekolahdasar.blogspot.com, pada kesempatan ini saya akan mencoba menjawab pertanyaan netizen seputar pendidikan. Pertanyaan ini saya dapat dari tool yang tidak bisa saya sebutkan namanya.

Pertanyaannya kurang lebih begini:

Mengapa Pengembangan Silabus dan RPP pada setiap Sekolah Berbeda?

Jawaban:

Menurut saya sebagai pendidik atau guru, pengembangan silabus dan rpp di tiap sekolah berbeda karena berbagai sebab di antaranya:

  1. Penyusunan dan pengembangan silabus diserahkan pada sekolah penyelenggara pendidikan
  2. Dalam pengembangannya, silabus dikembangkan oleh sekolah melalui bidang kurikulum dan musyawarah guru
  3. Guru mata pelajaran juga memiliki andil dalam pengembangan silabus mulai dari kegiatan mengkaji standar kompetensi dan kompetensi dasar, merumuskan indikator pencapaian kompetensi, mengidentifikasi mata pelajaran dengan mengacu pada aspek kognitif-psikomotor-afektif, menentukan kegiatan pembelajaran, penilaian, alokasi waktu, sumber belajar, dan sebagainya.
Hal-hal di atas tentunya akan berbeda hasilnya antara sekolah satu dengan yang lain. Secara prosedur bisa saja sama, namun hasil tentu akan berbeda.

Dalam menentukan KKM pun juga sama karena mengacu pada aspek intake, daya dukung, dan kompleksitas materi yang mungkin berbeda antara sekolah yang satu dengan sekolah lainnya.

Itu alasan mengapa pengembangan silabus dan RPP berbeda di tiap sekolah.

Semoga jawaban ini dapat memberikan gambaran / penerangan untuk pertanyaan tersebut di atas.