Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengapa Rencana Pembelajaran Tak Terpisahkan dari Silabus?

Selamat datang pengunjung dokumensekolahdasar.blogspot.com, di postingan tanya jawab pendidikan kali ini kami akan mencoba menjawab pertanyaan yang banyak dicari internet sekitar 1 bulan yang lalu. Pertanyaannya yaitu: Mengapa Rencana Pembelajaran (RPP) tidak dapat dipisahkan dari Silabus?

Pertanyaan tersebut tentunya mengacu pada kesatuan perangkat pembelajaran yakni antara rencana pelaksanaan pembelajaran dengan silabus.

Baiklah...
Saya sebagai guru mungkin akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut.

Jawaban untuk pertanyaan mengapa rencana pembelajaran tidak dapat dipisahkan dari silabus:

Sebelum ke jawaban pokok, kita harus tau dahulu komponen silabus.

Komponen silabus meliputi:

  1. Identitas mata pelajaran
  2. Identitas sekolah
  3. Kompetensi inti
  4. Kompetensi dasar
  5. Materi pokok
  6. Pembelajaran (langkah-langkah)
  7. Penilaian
  8. Alokasi waktu
  9. Sumber belajar.
Komponen-komponen silabus sebagaimana dapat dilihat di atas (ada sembilan) digunakan dan dicantumkan kembali dalam rencana pembelajaran atau RPP.

Komponen seperti kompetensi inti, kompetensi dasar, materi pokok, langkah-langkah pembelajaran, penilaian, alokasi waktu dan sumber belajar, semua itu akan digunakan kembali uraiannya dalam proses penyusunan RPP.

Jadi, itulah alasan mengapa RPP tidak bisa dipisahkan dari silabus, yakni karena komponen dalam silabus akan digunakan dalam prosedur penyusunan RPP.

Demikianlah jawaban yang dapat saya sampaikan. Semoga jawaban ini dapat memberikan penerangan bagi Saudara yang mencari tau informasi ini.