Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Daftar Hadir Siswa SMP Format Kurikulum 2013

Daftar hadir siswa adalah sebuah daftar berisi nomor urut, nomor induk siswa nasional, nama, kelas, tanggal kehadiran siswa atau tanggal belajar efektif di kelas, dan keterangan persentase hadir, sakit, dan tanpa keterangan.

Di SMP, daftar hadir siswa penting dibuat oleh guru mata pelajaran sebagai bukti fisik kehadiran siswa selama mengikuti pembelajaran dengan guru. Ini juga dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam menilai siswa secara keseluruhan.

Dalam keseharian guru, daftar hadir siswa ini dibawa oleh guru bersamaan dengan agenda harian guru. Mengingat bahwa daftar hadir bagi siswa sangat penting dimiliki guru, maka pada kesempatan ini, kami akan berbagi contoh format daftar hadir siswa SMP format k-13 (kurikulum 2013).

Dengan dibagikannya contoh daftar hadir siswa atau peserta didik ini, guru di SMP dapat memanfaatkannya sebagai bahan untuk membuat daftar hadir tersebut.

Manfaat yang bisa diambil dari contoh yang kami bagikan yaitu:
  • Guru diharapkan dapat mencetaknya untuk keperluan pembuatan daftar hadir atau absensi siswa di kelas 7, 8, maupun kelas 9
  • Guru dapat menjadikan contoh tersebut sebagai koleksi dokumen yang dapat melengkapi administrasi guru.
Daftar hadir siswa SMP pada dasarnya tersusun atas bagian-bagian, diantaranya:
  • Kop sekolah
  • Judul (daftar hadir siswa)
  • Semester
  • Tahun pelajaran
  • Kelas
  • dan Tabel yang terdiri dari kolom-kolom seperti: no. urut, NIS/NISN, nama siswa, L/P, tanggal kehadiran, keterangan jumlah/ persentase (hadir, sakit, izin, dan tanpa keterangan).
Apabila Ibu/Bapak Guru ingin lebih jelas melihat bagaimana formatnya, Bapak/Ibu bisa melihatnya melalui gambar di bawah ini.


Apabila Ibu/Bapak ingin mendapatkannya dalam bentuk dokumen .xls, rekan-rekan guru bisa mendapatkannya dengan mendownloadnya pada tautan berikut ini.

Download daftar hadir siswa format k13.xls

Demikianlah contoh daftar hadir siswa smp yang bisa kami bagikan. Semoga contohnya bisa bermanfaat untuk rekan-rekan guru di jenjang SMP yang membutuhkan format tersebut. Sekian dan terima kasih.