Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Format RPL Konseling Individu

Dalam artikel ini dibahas definisi RPL konseling individu, manfaat, dan contoh formatnya. Di sini juga dibagikan dokumen (.doc) yang berisi format RPL konseling individual yang bisa diunduh jika menginginkannya.

Definisi

Apa yang dimaksud dengan Rencana Pelaksanaan Layanan (disingkat RPL) Konseling Individu? Ini merupakan suatu perencanaan yang dibuat oleh guru dalam mempersiapkan layanan bimbingan bagi peserta didik secara individual atau per-orang dengan tujuan untuk memberikan pelayanan yang dibutuhkan demi menyelesaikan permasalahan yang dihadapi. Mengingat pentingnya RPL konseling ini, maka di artikel yang sedang Anda baca ini saya akan membagikan format RPL konseling individual.

Manfaat

Format yang dibagikan memiliki manfaat sebagai berikut.

  • Dapat digunakan sebagai contoh atau referensi bagi guru dalam menyusun format sesuai standar
  • Dapat melengkapi administrasi guru dalam hal pelayanan konseling di sekolah.


Contoh Format RPL Konseling Individu

RPL yang dimaksud pada dasarnya berupa kartu. Pada bagian atas memuat logo, nama sekolah, dan alamatnya. Di bawahnya mencantumkan judul "Rencana Pelaksanaan Layanan Konseling Individu" yang dilanjutkan dengan menuliskan "Semester" dan "Tahun Pelajaran". Setelah itu, RPL mencantumkan nama konseli (peserta didik), kelas, hari dan tanggal, pertemuan ke ..., waktu dan tempat, gejala yang nampak/ permasalahan, tempat dan tanggal pembuatan RPL, tanda guru BK atau guru kelas.

Bagi Anda yang ingin mengetahui bagaimana bentuk jelasnya, berikut ini dapat Anda lihat format-nya pada gambar berikut.




Jika membutuhkan formatnya dalam bentuk doc, bisa mendownloadnya lewat tautan berikut:

Download Format RPL Konseling Individu.doc

Demikian yang bisa saya sampaikan. Semoga ini dapat membantu Bapak Ibu guru dalam membuat RPL sebagaimana dimaksud.