Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh SK Penetapan Pembina Pramuka SD

Pada artikel ini saya akan membahas definisi SK Penetapan Pembina Pramuka SD, tujuan dibuatnya SK, kegunaan, manfaat, struktur / bagian yang dicantumkan, serta contoh formatnya.

Definisi:
Yang dimaksud dengan SK Penetapan Pembina Pramuka SD adalah sebuah keputusan yang dibuat oleh kepala sekolah di atas kertas untuk menugaskan / mengangkat pembina (biasanya dari guru) untuk membimbing peserta didik yang aktif dalam kegiatan dalam kegiatan ekstrakurikuler pramuka di gugus depan pada sekolah dasar.

Tujuan pembuatan:
SK dibuat dengan tujuan untuk memberikan wewenang dan tanggung jawab kepada seseorang yang nantinya diangkat menjadi pembina. Di samping itu tujuan dibuatnya SK yaitu untuk dijadikan dokumen/ arsip yang berkenaan dengan administrasi sekolah.

Kegunaan:
Kegunaan SK pembina pramuka yaitu untuk mengesahkan dan menetapkan pembina secara legal dan formal berdasarkan aturan yang berlaku dalam pendidikan.

Manfaat:
SK bagi pembina pramuka bermanfaat sebagai bukti yang sah bahwa yang bersangkutan telah mendapatkan mandat dari kepala sekolah untuk membina segala hal yang berkaitan dengan kegiatan pramuka di sekolah.

Bagian / Struktur:
Bagian yang dicantumkan dalam SK pembina pramuka SD di antaranya yaitu judul, nomor SK, tentang/ perihal keputusan, menimbang, mengingat, memutuskan, menetapkan pembina, tempat dan tanggal penetapan keputusan, tanda kepala sekolah dan stempel, lampiran yang berisi daftar guru yang ditetapkan jadi pembina.

Contoh Format:






Berikut ini contoh format SK pembina pramuka-nya.

PEMERINTAH KABUPATEN GARUT
DINAS PENDIDIKAN
KORWIL BIDANG PENDIDIKAN KECAMATAN …
SEKOLAH DASAR ……………………………………………

Jl. …………….. no. ... Kelurahan ……….. kec. ………… kab. …………… - Jawa Barat 44175


KEPUTUSAN
KEPALA SEKOLAH DASAR NEGERI .....................
Nomor : 422.1/…-SD/…/20..

TENTANG

PEMBINA PRAMUKA
TAHUN PELAJARAN 20../20..

Kepala SD Negeri ...................

Menimbang:
a. Bahwa dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan sekolah dasar negeri ...................... dan menumbuhkan sikap sopan santun, disiplin, dan kemandirian bagi peserta didik melalui Gerakan Pramuka

b. Bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimana dimaksud dalam huruf a, perlu dibentuk dan ditetapkan Pembina Gerakan Pramuka dengan keputusan Kepala Sekolah


Mengingat:
1. Undang-undang nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;
2. Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2010 Tentang Gerakan Pramuka;
3. Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 238 tahun 1961 Tentang Gerakan Pramuka;
4. Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 118 tahun 1961 Tentang Penganugerahan Pandji kepada Gerakan Pendidikan Kepanduan Pradja Muda karana;

MEMUTUSKAN

Menetapkan:

Pertama:
Membentuk, Menetapkan, Mengukuhkan Pembina Gerakan Pramuka Seperti pada lampiran keputusan ini;

Kedua:
Guru yang ditunjuk agar melaporkan pelaksanaan tugasnya secara tertulis dan berkala kepada Kepala Sekolah

Ketiga:
Segala biaya yang timbul dari pelaksanaan keputusan ini dibebankan pada anggaran yang sesuai.

Keempat:
Keputusan ini berlaku sejak tanggal ditetapkan.


Ditetapkan di : Garut
Tanggal : … Juli 20..
Kepala Sekolah



......................
NIP. .................


Nah, itulah Contoh Format SK Penetapan Pembina Pramuka di SD yang dapat saya bagikan. Semoga contoh yang dibagikan di atas dapat bermanfaat bagi kita semua, khususnya bagi Kepala Sekolah Dasar yang akan membuatnya untuk guru yang diangkat/ diberi tugas tambahan menjadi pembina pramuka.
Admin Seorang yang ingin terus belajar tanpa mengenal batas waktu.