Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengecek Backlink dengan Tools (99% Akurat)

Salam Webmaster ...
Di postingan ini pembahasan kita adalah yaitu cara mengecek backlink ke situs kita dengan menggunakan tool gratis yang akurasinya saya anggap 99% akurat.

Tool yang akan kita bahas di antaranya:

  • Search console alias Google webmaster tools
  • Moz
  • Ahrefs.
Mengapa saya menempatkan search console sebagai tool yang pertama, alasannya yaitu kita pasti memiliki situs yang terintegrasi dengan search console dan ini adalah tool gratis dari Google yang kualitasnya tidak diragukan lagi.

Adapun tool dari Moz dan Ahrefs saya jadikan tool penunjang atau tambahan untuk memperoleh data backlink berdasarkan DA (domain authority) dan PA (page authority) -nya.

Oke. Kita lanjutkan ke pembahasan utama.

Cara Mengecek Backlink dengan Search Console

Tahapan:
  1. Login ke search console Anda
  2. Pilih menu Links
  3. Lihat Top Linking Sites kemudian klik More
  4. Lihat rincian daftar backlink yang mengarah ke situs Anda.

Cara Mengecek Backlink dengan Moz

Untuk menggunakan tool dari Moz ini kita perlu membuat terlebih dahulu akunnya. Setelah Anda memiliki akunnya, maka selanjutnya Anda bisa menyimak tahapan berikut.
  1. Pilih Free SEO Tools kemudian More SEO Tools
  2. Scroll mouse ke bawah dan lihat ada Link Explorer kemudian klik Research with Link Explorer
  3. Ketik alamat blog atau domain Anda pada kolom pencarian yang bertuliskan 'Enter a URL'
  4. Klik ikon kaca pembesar pada samping kanan kolom tersebut
  5. Lihat hasilnya, di sana terdapat rincian Domain Authority Blog Anda, Linking Domains, Inbound Links, dan Ranking Keywords.
Backlink ke situs Anda tercantum pada Linking domains dan Inbound Links. Perbedaannya, kalau Linking domains itu keterangan data backlink berdasarkan nama URL domain, sedangkan Inbound links datanya didasarkan pada link panjang misalnya link postingan atau yang semisalnya.

Cara Mengecek Backlink dengan Ahrefs

Nah, kalau Ahrefs ini adalah situs berbayar. Untuk menggunakannya secara maksimal, kita perlu mengeluarkan uang. Tapi , kita masih bisa menggunakannya meskiipun dengan hasil yang seadanya. Setidaknya dengan Ahrefs kita tau nilai atau Domain rating, Backlinks, dan Referring domains ke situs kita.
Sobat tinggal coba saja sendiri.
Anda tinggal masuk ke Free backlink checker nya Ahrefs dan di sana Anda hanya mengetikkan URL domain atau blogspot milik Anda. Setelah itu akan muncul data seperti disebutkan di atas.

Kesimpulan:
Mengecek Backlink situs adalah hal yang perlu dilakukan seorang webmaster karena ini merupakan upaya untuk menjaga situs tetap memiliki lalu lintas yang sehat. Sehingga jika suatu saat terdapat backlink yang berkualitas rendah kita bisa mengantisipasinya dari awal. Search console, Moz dan Ahrefs bisa digunakan untuk mengecek backlink situs Anda yang akurasinya saya anggap sekitar 99%.

Baca juga: