Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Teknik Menulis Postingan yang Baik untuk Pengunjung

Sobat blogger ... Sebagai admin sekaligus penulis di blog, terkadang mungkin kita berpikir, sebenarnya bagaimana postingan yang baik itu? Apakah postingan yang mendatangkan banyak pengunjung? Atau mungkin postingan yang isinya lengkap tapi hanya mendatangkan sedikit pengunjung dari mesin telusur?

Pertanyaan seperti itu pastinya akan selalu mengisi pikiran kita sebelum menemukan jawaban yang benar-benar dapat diterima dan dipahami secara logis.

Nah, di artikel ini saya akan menguraikan beberapa hal dan logika terkait hal tersebut sehingga kita dapat menyimpulkan postingan seperti apa yang baik itu.

Kemudian di akhir, saya akan membahas bagaimana teknik yang tepat untuk menulis postingan sehingga orang lain yang membacanya akan merasa bahwa postingan yang kita tulis itu benar-benar bagus dan layak untuk dijadikan referensi.

Kita lanjutkan ke pembahasan.

teknik menulis postingan yang baik untuk pengunjung


Apa itu postingan yang baik?
Postingan yang baik adalah tulisan atau bacaan yang dinilai baik oleh pembacanya. Jadi, kita tidak bisa mengklaim sendiri tulisan kita baik jika yang membacanya tidak merasakan hal yang sama dengan kita.

Jadi, postingan yang baik itu adalah postingan yang dianggap baik oleh pembaca atau pengunjung.

Sekarang akan muncul pertanyaan, bagaimana agar postingan kita dinilai baik?
Untuk mendapatkan penilaian yang baik, tentunya kita harus berusaha keras menyajikan postingan yang isinya dapat membantu pengujung dalam menyelesaikan permasalahan yang mereka hadapi.

Setiap pengunjung / pembaca artikel di blog pastinya berkunjung ke blog memiliki sebuah harapan yaitu menemukan yang ia butuhkan, baik dalam bentuk informasi, dokumen dan sebagainya. Intinya pengunjung harus merasa puas dengan konten yang kita sajikan.

Lalu, bagaimana agar pengunjung puas dengan artikel kita?
Caranya yaitu dengan menyediakan informasi yang dibutuhkan.
Sebagian besar pengunjung atau pembaca yang mengakses informasi, mereka masuk ke blog yang memiliki konten yang relevan dengan yang dicari.

Misalnya seseorang ingin mencari informasi tentang cara menulis postingan yang baik. Maka sebagai penulis saya akan membuat judul postingan yang sesuai dengan minat orang tersebut.
Judul postingan ini pun saya buat sengaja untuk menarik pengunjung/ pembaca yang ingin tau bagaimana teknik menulis postingan yang baik.

Terlepas dari permasalahan apakah nantinya artikel saya ini masuk di SERP Google atau tidak, tapi yang pasti saya sudah mencoba untuk menarik pengunjung (Anda) dari mesin telusur supaya melirik postingan ini dan berupaya untuk menyajikan konten yang relevan dengan yang Anda butuhkan.

Sobat, ini baru langkah awal.
Kemudian, setelah kita membuat judul postingan, maka selanjutnya adalah mempersiapkan isi dari postingan agar benar-benar relevan dengan judulnya, sehingga nanti pengunjung sekaligus pembaca akan menilai sendiri kesesuaian antara judul dengan isi postingan kita.

Di sini kita perlu memperjelas judul postingan agar pembahasannya benar-benar sesuai dan lengkap.

Nah, itulah konsep awal yang harus kita pikirkan sebelum postingan dibuat.

Jadi, yang pertama kita harus memposisikan diri sebagai pencari informasi saat akan membuat postingan. Kedua, buat judul yang dapat menggambarkan isi dari postingannya. Ketiga, buat postingan yang relevan dengan judul dan bahas secara lengkap apa yang ada di judul.

Sebagai acuan untuk dapat menghasilkan postingan yang baik, kita setidaknya perlu menerapkan prinsip ilmiah dalam menulis, yaitu membahas tentang apa, mengapa, bagaimana, dimana dan siapa, terhadap pembahasan atau isi postingan Anda.

Mengapa teknik tersebut perlu diterapkan?
Karena teknik bertanya apa, mengapa, bagaimana, dimana, dan siapa, kemudian menuangkannya dalam sebuah postingan, maka itu akan menjadikan postingan kita bermutu atau memiliki kualitas yang baik. Dengan menerapkan konsep tersebut saya anggap itu sudah lebih dari cukup untuk menghasilkan postingan berkualitas.

Kesimpulan:

Untuk membuat postingan yang baik, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan, di antaranya:
  1. Kita harus berpikir sebagai pencari informasi. Apa yang ada di pikiran kita, kita coba tuangkan dalam sebuah tulisan. Tujuannya adalah untuk menemukan ide kreatif, original, dan pastinya sesuai dengan keahlian kita, sehingga postingan yang dibuat dari ide sendiri akan lebih terlihat perbedaannya dengan konten orang lain, dan itu adalah nilai lebih bagi setiap penulis
  2. Membuat judul postingan yang mengundang perhatian, namun masih tetap dalam batas kewajaran, serta sesuai dengan isi postingan yang akan dibuat
  3. Membuat isi postingan yang sesuai dengan judul, dan pembahasannya menerapkan prinsip 4W 1H (What, Why, Where, Who, and How).
Nah, itu saja yang dapat saya sampaikan tentang teknik menulis postingan yang baik untuk pengunjung blog. Jadi, postingan yang baik menurut saya adalah postingan yang isinya dibutuhkan, memiliki judul yang menarik, dan isinya lengkap serta dapat menjadikanpengunjung puas dengan postingan tersebut, sehingga mereka pun akan memberikan predikat baik pada postingan yang kita tulis.