Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengecek Postingan yang Sudah Diindeks Melalui Search Console Baru

Setiap Penulis blog atau Webmaster pasti ingin postingannya yang telah di-submit ke search console cepat diindeks oleh Google. Tapi, perlu kita ketahui bahwa tidak semua URL postingan yang di-submit dapat diindeks dan ditampilkan oleh Google ke hasil penelusurannya.

Mengapa?
Karena untuk bisa muncul di hasil penelusuran Google, ada hal yang perlu diperhatikan oleh Webmaster, salah satunya adalah keunikan atau tingkat original suatu postingan. Semakin unik dan original, maka semakin besar kesempatan postingan tersebut muncul di hasil penelusuran, bahkan di deretan 10 besar terbaik.

Tapi sayang sekali bukan itu yang akan menjadi pembahasan utama kita kali ini, melainkan yang akan dibahas adalah bagaimana cara mengecek postingan yang sudah diindeks oleh Google. Adapun pengecekannya dilakukan dengan menggunakan search console baru.

Dengan memahami cara ini, Sobat bisa mengetahui URL yang diterima oleh Google untuk diindeks. Begitu juga sebaliknya. Sehingga ketika Anda mengetahui postingan yang tidak diindeks, Anda bisa melakukan perubahan pada postingan tersebut kemudian men-submit ulang URL nya.

Mengapa Google tidak mengindeks beberapa URL postingan di blog saya? Ada beberapa alasan yang mungkin menjadi masalah. Misalnya: Isi postingan banyak yang sama atau mungkin teks-nya terlalu sedikit. Terlepas dari hal itu, saya kurang memahami apa alasannya.

Oke...
Kita lanjutkan ke pembahasan inti.

Cara Mengecek Postingan yang sudah Diindeks oleh Google melalui Search Console Baru

Berikut ini langkah-langkahnya:
  1. Login ke Search Console Blog Anda
  2. Pilih menu Index kemudian 'Coverage'
  3. Tekan tombol tarik-turun kemudian pilih All submitted pages
  4. Tekan tombol Valid (terletak di samping Excluded) maka akan muncul diagram berwarna hijau
  5. Scroll atau geser ke layar bawah di sana terdapat Details (di bawahnya terdapat keterangan status dan type)
  6. Tekan kolom Valid yang di sampingnya terdapat teks Submitted and indexed (setelah itu akan muncul daftar URL yang sudah diindeks oleh Google)
  7. Cek satu persatu URL postingan di blog Anda, apakah semuanya ada? Jika ada berarti URL postingan sudah diindeks seluruhnya, tapi jika ada sebagian yang hilang itu tandanya ada URL yang tidak atau belum diindeks oleh Google. Cara yang paling cepat untuk mengetahui jumlah artikel yang terindeks dan tidak adalah dengan membandingkan antara jumlah postingan di blog dengan jumlah URL yang terindeks di search console. Jika postingan Anda semuanya ada 70 sedangkan URL di search console ada 68 berarti ada 2 URL atau postingan yang belum atau tidak diindeks.
Anda juga dapat melihat 7 tahapan pengecekan status indeks URL pada search console baru seperti penjelasan di atas melalui gambar berikut.

Cara Mengecek Postingan yang Sudah Diindeks di Search Console Baru



Catatan:
  • Apabila URL yang tidak tercantum itu sudah lama di-submit, Anda bisa memperbaiki konten pada URL tersebut karena ada kemungkinan isinya banyak kesamaan dengan postingan di blog lainnya, atau mungkin teks atau jumlah kata dalam postingan tersebut sangat sedikit sehingga Google mengabaikannya. Jika sudah diperbaiki, Anda bisa submit ulang URL tersebut
  • Untuk lebih mempermudah dalam pengecekan, Anda bisa mengunduh atau meng-export data URL yang telah diindeks dalam bentuk CSV atau Google sheet.
Kesimpulan:
Untuk mengecek status indeks URL postingan Anda di search console baru caranya bisa mengikuti tahapan-tahapan yang dijelaskan di atas. Adapun jika ada URL yang tidak diindeks oleh Google Anda bisa melakukan perubahan atau mengedit isi atau konten pada URL tersebut kemudian men-submit ulang.

Semoga pembahasan ini bermanfaat bagi Anda.
Selamat mencoba. Happy Blogging...