Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Peran Landing Page pada sebuah Blog

Topik artikel kali ini yaitu seputar Landing Page. Di artikel ini kita akan mempelajari pengertian landing page, apa fungsinya untuk sebuah blog, cara mengetahui artikel yang termasuk landing page pada blog, dan memanfaatkan landing page untuk mendongkrak popularitas halaman lain.

Langsung saja ke pembahasannya...

Pengetian

Landing page atau dalam bahasa Indonesianya 'Laman Landas' adalah halaman atau postingan pada sebuah situs / blog yang sering dilihat, dibaca, dan mendapatkan banyak pengunjung. Dengan kata lain ini merupakan sebuah halaman atau postingan populer pada sebuah blog.

Fungsi

Sebagai halaman yang sering dilihat oleh pengunjung, landing page tentunya mempunyai fungsi tertentu untuk suatu blog. Fungsi laman landas ini di antaranya:
  • Untuk menarik perhatian pengunjung supaya membacanya
  • Menjadi pusat halaman blog (maksudnya yaitu bisa digunakan sebagai halaman perujuk ke halaman lainnya di blog kita).
Untuk poin ke-1, mengapa landing page bisa menjadi perhatian visitor? Alasannya yaitu karena sebagian pengunjung kita adalah blogger lain yang ingin mengetahui halaman populer. Dengan menempatkan halaman / postingan populer di blog maka itu dapat mengundang perhatian pengunjung untuk melihatnya.

Poin ke-2, menjadi pusat halaman blog maksudnya yaitu bisa dilihat di atas.
Mengapa laman landas harus dijadikan perujuk ke halaman lainnya? Alasan yang paling logis adalah karena halaman tersebut banyak dibaca pengunjung, sehingga saat kita membuat internal link dari landing page maka kesempatan artikel terkait yang dirujuk semakin besar untuk dibaca juga.

Cara Mengetahui Artikel yang Termasuk dalam Landing Page

Untuk mengetahui halaman/ postingan mana saja yang termasuk landing page, kita bisa melihatnya pada Google analytics. Tentu saja ini bisa dilakukan apabila Anda sudah mempunyai akun Google Analytics dan menerapkan kode tracking di blog.

Di sini, kami menganggap Anda sudah menerapkan kode tracking Google analytics dengan alasan karena Anda mencari informasi tentang landing page, dan istilah ini hanya ada di Google analytics kalau saya tidak salah.

Kemudian...
Bagaimana cara melihat laporan landing page pada Google analytics.

gambar langkah langkah atau cara mengetahui artikel yang termasuk landing page di google analytics


Jika Sobat ingin penjelasan tentang caranya dalam bentuk teks, Anda bisa membaca penjelasan berikut.
  1. Masuk ke akun analytics
  2. Pilih blog atau situs yang ingin diketahui landing page-nya
  3. Pilih menu Acquisition
  4. Pilih Search console
  5. Pilih Landing Pages
  6. Lihat daftar landing pages di blog Anda pada tampilan di sebelah kanan seperti pada gambar di atas. Itulah artikel atau halaman yang sering mendapatkan kunjungan dari visitor.

Dengan mengetahui halaman atau artikel mana saja yang termasuk landing page itu belum cukup. Selanjutnya kita perlu memanfaatkan landing page tersebut sebagai jembatan untuk menaikkan popularitas halaman lainnya.

Emang bisa?
Bagaimana caranya?
Untuk lebih memahaminya, kita lanjutkan ke pembahasan akhir.

Memanfaatkan Landing Page untuk Menaikkan Peringkat Halaman Lain

Awalnya saya juga kurang yakin, apakah teknik ini bekerja atau tidak. Namun, setelah mencobanya, ternyata terjadi peningkatan traffic dengan menerapkan metode tersebut.

Emang bisa landing page menaikkan popularitas halaman lain pada suatu blog?
Jawabannya ya.
Caranya yaitu dengan membuat internal link dari landing page ke halaman lain yang masih relevan.

Kenapa kata relevan di atas saya cetak tebal? Karena akan percuma saja ketika kita membuat internal link ke halaman lain dari landing page, jika halaman yang dirujuk-nya (internal link) tidak relevan.

Manusia atau pengunjung hanya akan membuka link dari suatu halaman ke halaman lain jika halaman tersebut benar-benar relevan dan menunjang pada informasi yang masih dibutuhkan pengunjung.

Ketika internal link yang kita buat dari landing page di buka oleh pengunjung, maka ini akan menjadi nilai plus bagi blog tersebut karena sudah menyediakan informasi pelengkap, sehingga popularitas dari landing page akan menular ke halaman yang ditujunya.

Misalnya blog saya punya landing page dengan judul cara meningkatkan pengunjung organik. Itu bisa kita manfaatkan untuk mengarahkan pengunjung ke artikel lain yang masih berkaitan erat, misalnya ke artikel berjudul cara mempertahankan loyalitas pengunjung di blog. Informasi tersebut tentunya masih berkaitan yaitu sama-sama membahas tentang pengunjung.

Dengan menautkan link dari landing page ke halaman relevan maka ini akan memperbagus reputasi blog sehingga peringkat kata kunci pun akan semakin bagus.


Kesimpulan:
Peran landing page di blog itu penting sekali guna mendongkrak reputasi blog agar semakin baik. Di samping itu, landing page juga dapat dimanfaatkan sebagai halaman induk yang bisa menaikkan popularitas blog secara keseluruhan.