Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Sepintas Tentang Coronavirus & Covid-19





Beberapa waktu ke belakang, dunia digemparkan dengan kabar menyebarnya wabah covid-19 yang disebabkan oleh strain virus yang baru dikenal dengan nama coronavirus.

Tak hanya di Indonesia, banyak negara di luar sana yang terinfeksi coronavirus, seperti Italia, Cina, Amerika Serikat, dan negara lainnya.

Dalam pelajaran IPA atau Biologi kita mengenal sepintas tentang virus. Dalam sistem klasifikasi 5 kingdom, virus tidak termasuk ke dalam kelompok makhluk hidup. Mengapa? Alasannya karena virus mempunyai sifat yang unik. Saat berada di luar sel makhluk hidup, virus tidak menunjukkan tanda-tanda kehidupan, sedangkan ketika virus masuk ke sel makhluk hidup, ia akan aktif menggandakan diri (me-replikasi DNA-nya) di dalam tubuh makhluk hidup yang didiaminya.

Lalu...

Apa itu Virus Corona?

Virus corona atau coronavirus adalah keluarga besar virus yang dapat menginfeksi hewan dan manusia. Pada manusia, virus ini diketahui dapat menyebabkan penyakit pernapasan mulai dari infeksi ringan hingga yang berat seperti Middle East Respiratory Syndrome (MERS) dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS). Beberapa waktu ke belakang virus ini diketahui dapat menyebabkan orang yang terinfeksi mengalami penyakit yang disebut COVID-19.

Mayoritas orang yang terinfeksi corona akan mengalami penyakit pernapasan mulai dari keadaan sakit ringan hingga sedang, bahkan ada yang bisa sembuh tanpa perawatan khusus. Hal ini terjadi pada orang yang memiliki kekebalan tubuh masih bagus.

Kejadian sebaliknya justru coronavirus ini dapat berkembang lebih serius pada orang yang lebih tua dan memiliki penyakit sebelumnya (seperti penyakit kardiovaskular, diabetes, pernapasan kronis, dan kanker).

Apa Perbedaan Virus Corona dengan Covid-19?

Di awal sudah dijelaskan bahwa virus corona adalah jenis virus, jadi ini adalah agen yang menyebabkan terjadinya penyakit pernapasan serius pada orang yang kekebalan tubuhnya sudah lemah. Sedangkan Covid-19 adalah penyakit pernapasan yang disebabkan oleh coronavirus.

Menurut informasi yang sejauh ini telah berkembang, penyebaran virus corona dimulai dari Wuhan (China) pada bulan Desember 2019.

Ciri-Ciri atau Gejala Penderita Covid-19

Pada umumnya covid-19 menunjukkan gejala atau ciri-ciri sakit demam, kelelahan, dan batuk. Pada sebagian kasus juga ditemukan orang yang menderita covid-19 mengalami sakit dan nyeri, flu, kesulitan bernapas, sakit tenggorokan atau diare.

Cara Mencegah dan Memperlambat Penularan Covid-19

Cara yang baik untuk mencegah penularan covid-19 adalah dengan mencuci tangan dan tidak memegang atau menyentuh wajah.

Covid-19 bisa menyebar lewat tetesan saliva (air liur) atau dari napas orang yang terinfeksi melalui batuk atau bersin. Jadi, sangat penting sebagai pencegahan agar tidak berhadapan dengan orang yang sedang flu atau batuk karena kita tidak mengetahui apakah seseorang tersebut terinfeksi corona.

Adakah Vaksin untuk Mengatasi Covid-19?

Berdasarkan informasi dari WHO, belum ada vaksin untuk menangkal corona virus, akan tetapi banyak pengujian yang sedang dilakukan untuk melawan covid-19.

Sebagaimana penelitian dari UI (Universitas Indonesia) belakang ini menyebutkan bahwa kulit jeruk bisa meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh.

Hal serupa juga dinyatakan oleh tim peneliti dari IPB yang menyebutkan bahwa dalam kulit jeruk terkandung senyawa flavonoid yang disebut Hesperidin. Selain di jeruk, hesperidin juga bisa diperoleh dari tanaman jambu biji dan daun kelor.

Meski hasil riset itu diperkirakan dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap virus corona, namun tim peneliti IPB juga mengakui bahwa hasil tersebut perlu pengujian lebih lanjut agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Apakah Antibiotik Bisa Menyembuhkan Manusia dari Covid-19?

Seperti dijelaskan pada pembukaan di atas, bahwa virus bukanlah makhluk hidup atau bakteri. Jadi, antibiotik tidak akan bekerja melawan virus.

Tips Melindungi Diri dari Virus Corona

Berikut ini ada beberapa tips guna melindungi diri Anda dan orang lain dari infeksi covid-19.
  1. Ikuti perkembangan informasi terbaru seputar wabah virus corona (covid-19) dari situs terpercaya seperti WHO dan situs kesehatan nasional
  2. Sering Mencuci Tangan dengan sabun setelah memegang benda lain
  3. Menjaga jarak minimal 1 meter dengan orang yang sedang batuk atau bersin
  4. Tidak menyentuh mata, hidung, dan mulut
  5. Menutup mulut saat batuk atau bersin
  6. Menggunakan masker
  7. Menjaga kebersihan dan melakukan penyemprotan disinfektan pada benda-benda yang ada di lingkungan
  8. Jika demam, batuk, atau susah bernapas, segera periksakan diri ke lembaga kesehatan seperti rumah sakit atau puskesmas terdekat
  9. Mengikuti saran yang diberikan oleh lembaga kesehatan
  10. Tetap berada di rumah jika merasa kurang sehat dan menghindari kontak dengan orang lain.

Demikian informasi mengenai Corona Virus dan Covid-19.
Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua.
Lindungi diri dan orang yang kita cintai dari covid-19.

Sumber Referensi:
Situs WHO (World Health Organization)