Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Hyperlink Dalam Slide PowerPoint 2013

Hyperlink dalam PowerPoint merupakan fitur yang disediakan untuk berpindah dari slide satu ke slide yang lain dalam sebuah dokumen, berpindah dari slide ke halaman web tertentu, atau hyperlink yang mengarah ke alamat email untuk mengirim pesan. Untuk menambahkan hyperlink pada slide di PowerPoint, pastinya kita harus membuat slide lengkap terlebih dahulu, minimalnya kita punya 2 sampai 4 slide untuk mempraktikkannya.

Seperti judul di atas, kali ini admin akan membahas cara membuat 3 macam hyperlink di PowerPoint 2013. Tujuannya yaitu untuk berbagi informasi dan tutorial agar memudahkan kita dalam membuat berbagai macam hyperlink berdasarkan fitur yang tersedia pada PowerPoint 2013.

Berikut ini pembahasan selengkapnya.

Cara Membuat Hyperlink dari Satu Slide ke Slide yang Lain dalam sebuah Dokumen

Langkah-langkah:

[1] Buat beberapa slide untuk latihan, seperti pada gambar di bawah ini.







Jika sudah membuat slide seperti gambar di atas, ikuti langkah selanjutnya.

[2] Klik text box "Halaman / SLIDE KE-2" >> klik Insert >> pilih Hyperlink >> Place In This Document >> pada Slide Titles, pilih slide yang dituju atau ditargetkan >> tekan Ok.

Untuk gambarannya bisa Anda lihat pada animasi di bawah ini.





Catatan:
Lakukan hal yang sama pada text box "Halaman / SLIDE KE-3" dengan target hyperlink ke slide ketiga. Begitu juga dengan tombol "Kembali ke Home" dengan target yang mengarah ke slide 1.

Mari kita lanjutkan ke pembahasan berikutnya yaitu...

Cara Membuat Hyperlink dari Slide PowerPoint ke Halaman Web

Nah, kalau yang satu ini dilakukan kalau Bapak/Ibu ingin membuat hyperlink dari PowerPoint ke sebuah halaman web atau blog yang dituju.

Langkah-langkahnya seperti berikut.

[1] Buat text box pada salah satu slide Anda, teks dalam kotak itu misalnya: "Lihat video tentang cara membuat hyperlink di PowerPoint 2013 - di sini". Nah, kata "di sini" bisa Anda beri hyperlink ke link video yang ada di YouTube misalnya.

[2] Blok teks "di sini" >> klik Insert >> pilih Hyperlink >> Existing File or Web Page >> pada kolom Address, isi atau tulis alamat web atau link situs web yang dituju >> klik Ok.

Lebih jelasnya, bisa melihat animasi berikut.






Bagaimana mudah kan Pak/ Bu?

Ayo kita lanjut lagi ya pembahasan ke...

Cara Membuat Hyperlink ke Alamat Email

Nah, cara yang ini bisa diterapkan apabila Anda ingin menerima pesan dari orang lain melalui email.

Misalnya Anda mengunggah (upload) file PPT atau dokumen PowerPoint ke penyimpanan online seperti Google Drive, kemudian Anda ingin orang lain tahu kalau yang membuat PPT itu adalah Anda, maka Anda bisa memasukkan alamat email Anda di slide mana pun yang diinginkan, misalnya dengan menulis alamat email dan menjadikannya sebuah tautan langsung.

Anda juga bisa membuat hyperlink yang mengarah ke email Anda dengan teks jangkar "Hubungi Pembuat Slide" supaya pembaca bisa mengirim pesan kepada Anda melalui hyperlink pada slide yang mereka buka.

Langkah-langkah pembuatannya yaitu:

[1] Buat text box pada slide yang diinginkan, tulis teks yang Anda kehendaki misalnya: "Hubungi Pembuat Slide".

[2] Blok teks "Hubungi Pembuat Slide" >> klik Insert >> pilih Hyperlink >> E-mail Address >> pada kolom E-mail Address, masukkan alamat email yang ingin dihubungi oleh pembaca >> klik Ok.

Untuk lebih jelasnya bisa menyimak gambar animasi di bawah ini.







Kesimpulan:
Ada 3 macam hyperlink yang biasa digunakan dalam PowerPoint 2013, di antaranya yaitu hyperlink dari satu slide ke slide lain dalam sebuah dokumen, hyperlink ke halaman situs web, dan hyperlink ke alamat email. Adapun cara pembuatannya pun simple dan mudah.

Anda bisa mempelajari kembali tahapan demi tahapan dengan membaca dan mencoba praktik langsung pada PowerPoint 2013 di komputer Anda. Jika belum paham, Anda bisa membaca artikel ini sebanyak yang Anda mau.

Semoga tutorial pembuatan hyperlink di PowerPoint 2013 ini dapat bermanfaat.