Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Menu Blogspot dan Fungsinya

Untuk lebih memaksimalkan pekerjaan nge-blog, sudah seharusnya author blog mengenal lebih dalam platform blogging yang digunakan. Dengan demikian, author akan lebih memahami situs tempatnya membuat blog.

Di sini saya akan coba membahas materi pengenalan menu blogspot beserta fungsinya. Pembahasan ini diharapkan dapat menjadi informasi tambahan bagi Anda yang baru memulai terjun nge-blog.

Ada 11 Menu Blogspot yang akan diperkenalkan nama dan fungsinya. Berikut ini menu-menu blogspot yang akan dibahas.







Berdasarkan tampilan menu blogspot pada gambar yang tercantum di atas, saya akan membahasnya satu per satu.

11 Menu Blogspot dan Fungsinya

11 Menu tersebut diantaranya:

#1 - Menu Lihat blog


Menu ini berfungsi untuk melihat blog secara live di home page atau beranda.

#2 - Menu Postingan

Menu ini berfungsi untuk melihat daftar postingan, membuat postingan baru, memasukkan postingan yang sudah terbit ke draft, dan menghapus postingan yang diinginkan. Di menu Posts (pada gambar di atas) terdapat 2 submenu yakni All (untuk melihat semua) dan Published (untuk melihat postingan yang sudah di-publish atau diterbitkan). Selain itu, sebenarnya masih ada dua submenu lainnya, yaitu Draft (untuk melihat postingan yang termasuk ke dalam draft atau postingan yang sudah dibuat tapi belum diterbitkan) dan Imported (melihat postingan yang di-import ke blog tersebut).

#3 - Menu Statistik

Berfungsi untuk melihat statistik blog.

Ada empat submenu yang terdapat di dalamnya, yaitu:
  • Ikhtisar (kegunaannya adalah untuk melihat rincian tayangan blog dan postingan secara keseluruhan berdasarkan followers atau pengikut, tayangan harian, bulanan, dan histori tayangan keseluruhan sejak blog dibuat)
  • Postingan (melihat tayangan blog berdasarkan postingan dan halaman di blog)
  • Sumber lalu lintas (melihat sumber trafik atau lalu lintas blog berdasarkan kata kunci penelusuran, situs dan URL perujuk ke blog)
  • Pemirsa (melihat pageview dari pengunjung berdasarkan negara, browser atau peramban yang digunakan, dan sistem operasi dari perangkat yang digunakan pengunjung untuk mengakses blog).

#4 - Menu Komentar

Berfungsi untuk melihat komentar di blog. Ada tiga submenu yang ada di dalamnya, yakni:
  • Diterbitkan (berfungsi untuk melihat komentar yang sudah diterbitkan di blog Anda, menghapus komentar, dan memasukkan komentar  yang sudah terlanjur terbit ke daftar spam)
  • Menunggu moderasi (fungsinya yaitu untuk melihat komentar yang sedang dalam antrian persetujuan untuk di-publish, menerbitkan, menghapus komentar yang dimoderasi, dan memasukkan komentar ke folder spam). Submenu ini muncul apabila Anda mengaktifkan fitur moderasi komentar
  • Spam (berguna untuk melihat komentar spam yang ada di blog, memulihkan komentar spam atau membatalkan klaim spam pada suatu komentar, dan menghapus komentar yang ada di folder spam).

#5 - Menu Penghasilan

Fungsi menu ini adalah untuk melihat kelayakan monetisasi blog untuk program periklanan Google yaitu Google AdSense. Menu ini biasanya muncul apabila Anda mengubah bahasa dari Indonesia ke English pada menu Settings.

Jika Anda belum mengubah bahasanya maka menu earnings tidak akan muncul di deretan menu blog. Menu ini sekarang wajib digunakan oleh calon penayang iklan atau Publisher yang menggunakan Blogger untuk mendaftarkan blog ke AdSense. Di menu tersebut ada tombol Sign up for Adsense jika blog Anda sudah memenuhi persyaratan untuk mendaftar AdSense.

Tambahan:
Melalui menu ini Anda juga dapat melihat status persetujuan AdSense. Jika blog Anda disetujui maka di menu ini Anda bisa melihat menu Show ads on blog, Ads setup for blog, link Visit Adsense for details of earnings, dan link Switch AdSense Account.

#6 - Menu Halaman

Berfungsi untuk melihat membuat halaman baru, melihat daftar halaman yang sudah diterbitkan, mengembalikan halaman yang sudah di-publish ke Draft, dan memilih serta menghapus halaman yang diinginkan.

Submenu-nya ada 3 yakni:
  • All untuk melihat semua daftar halaman termasuk yang sudah diterbitkan dan masih berupa draft atau konsep
  • Draft berfungsi untuk melihat daftar halaman yang termasuk ke dalam draft, dan
  • Published untuk melihat daftar halaman yang sudah di-publish di blog.

#7 - Menu Tata Letak

Fungsi menu layout adalah untuk melihat dan mengatur tata letak widget pada blog. Di layout, Anda bisa melihat bagaimana posisi suatu widget pada template atau tema yang digunakan.

Melalui menu ini Anda juga bisa menambah favicon atau logo blog, mengatur posisi navigasi, menambah widget di sidebar atau footer pada blog.

#8 - Menu Tema

Menu theme ini berfungsi untuk melihat blog pada versi live di komputer atau PC. Anda juga dapat melihat tampilan blog pada versi mobile.

Di menu ini Anda bisa mengedit tema yang digunakan dengan masuk ke menu edit HTML. Dan bisa juga mengatur theme dari segi background, tipe huruf, warna background dan sebagainya yang berkaitan dengan theme melalui tombol Customize.

Jika theme Anda sudah responsive maka Anda juga bisa mengaktifkan atau menonaktifkan tampilan situs versi mobile supaya tampilannya mirip dengan versi desktop.

#9 - Menu Setelan

Berfungsi untuk melakukan pengaturan blog Anda. Ada beberapa submenu yang ada dalam settings, di antaranya yaitu:

  • Dasar - pada menu basic (dasar) kita bisa mengedit judul blog, deskripsi, dan privasi blog. Melalui ini kita juga bisa menambah dan mengatur nama domain yang ingin diterapkan untuk mengganti URL blogspot. Kemudian di menu ini kita dapat menerapkan situs versi HTTPS, menambahkan admin baru ke blog, dan mengatur keterlihatan blog Anda menjadi publik
  • Postingan, Komentar, dan Berbagi - submenu ini fungsinya untuk mengatur jumlah pos yang tampil di beranda, mengaktifkan moderasi komentar, dan memberikan pesan teks sebelum kolom komentar
  • Email - submenu ini berfungsi untuk mengaktifkan dan men-disable postingan menggunakan email. Menu ini biasanya jarang diubah pengaturannya. Adapun dalam keadaan default fitur ini sudah diatur ke disable oleh Blogger
  • Bahasa dan Pemformatan - submenu ini fungsinya yaitu untuk mengatur bahasa blog, mengaktifkan atau menonaktifkan fitur penerjemah otomatis ke bahasa lain, dan di menu tersebut Anda bisa mengatur format zona waktu, format tanggal pada header blog, dan sebagainya. Nah, untuk Anda yang di blognya tidak ada menu 'Earnings' maka Anda bisa mengganti bahasa dari Indonesia ke English, Save, kemudian Reload
  • Preferensi Penelusuran - Fungsi dari submenu ini adalah mengatur preferensi penelusuran. Di sini Anda bisa memberikan/ menambahkan deskripsi meta tags yang fungsinya adalah memunculkan deskripsi situs Anda pada mesin telusur saat orang mengetik judul blog Anda. Kemudian, di sini Anda bisa juga mengatur tampilan blog saat ada pada status error 404 atau URL tidak ditemukan, mengalihkan halaman error ke halaman yang memiliki konten, mengaitkan blog dengan search console, mengatur robot.txt custom, dan menerapkan ads.txt untuk yang blognya sudah diterima AdSense
  • Lainnya - ini berfungsi untuk mengatur konten yang ingin di back up, di import, menghapus blog, mengatur feed atau umpan blog, dan sebagainya
  • Setelan Pengguna - berfungsi untuk mengedit profil pengguna dan mengatur bahasa yang digunakan di Blogger.

#10 - Menu Daftar Bacaan

Fungsinya adalah untuk menambahkan daftar blog yang dibaca oleh Anda. Menu ini memang jarang digunakan oleh mayoritas admin blog.

#11 - Menu Bantuan & Masukan

Yaitu menu yang berfungsi untuk menelusuri artikel bantuan yang membahas permasalahan dalam blog beserta solusinya. Jadi, jika menemukan permasalahan pada blog, Anda bisa melihat daftar atau list artikel yang membahas topik serupa dengan permasalahan yang dihadapi.


Kesimpulan:
Ada 11 menu blog yang ada di Blogger, dan setiap menu memiliki fungsi masing-masing yang perlu diketahui oleh pemula sebagai dasar untuk mengetahui atau memahami penggunaannya untuk blog yang dikelola.

Apakah Anda punya pertanyaan tentang hal di atas? Dengan senang hati, mari kita bahas bersama di kolom komentar.