Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengetahui Daftar Keyword & Rankingnya di Google

Halo Sobat Webmasters...

Kali ini saya akan berbagi tutorial tentang cara untuk mengetahui daftar keyword dan ranking-nya di Google pencarian. Daftar keyword yang dimaksud adalah keyword di blog atau situs sendiri (milik Anda).

Tujuan ditulisnya artikel tutorial ini hanyalah untuk berbagi informasi yang pastinya dibutuhkan oleh seorang webmaster atau pengelola website/ blog.

Baiklah...

Setiap dari kita pastinya adalah seorang blogger atau pengelola blog. Setiap pemilik blog yang ingin maju pasti akan mencari cara untuk meningkatkan traffic di blognya. Dan saya yakin Anda pun pasti ingin mengetahui seberapa bagus posisi blog kita di Google, dan tentunya sebuah blog akan bagus dengan konten yang ada di dalamnya.

Setiap blog tentunya punya kata kunci atau keyword, khususnya keyword populer yang menjadikan blog tersebut sering muncul di halaman pertama Google.

Dengan adanya keyword populer tentu saja kita mempunyai artikel populer. Dan setiap artikel seperti itu pasti mempunyai keyword atau kata kunci yang banyak diketik pengguna internet menggunakan mesin pencari seperti Google.

Sebagai webmaster yang cerdas dan senang membaca artikel tentang SEO, tentunya kita akan penasaran dan ingin mengetahui keyword apa saja yang digunakan pengunjung sehingga sampai di blog/ situs kita.

Bukan begitu Sobat?

Nah, untuk mengetahui keyword populer di blog milik sendiri, Anda bisa menggunakan alat canggih dan gratis yang disediakan oleh Google, yakni Google Search console.

Dengan alat atau tool tersebut, kita bisa melihat/ mengetahui daftar keyword pada blog dan perkiraan posisi atau peringkat keyword tersebut di Google.

Penasaran bagaimana caranya?

Berikut ini pembahasan mengenai cara mengetahui daftar keyword pada blog (khususnya blog kita sendiri) dan peringkat-nya di Google.

Langkah-langkah:

  • Buku Google webmasters tool atau search console Anda
  • Pilih menu Performance
  • Klik Average Position
  • Lihat daftar keyword pada bagian bawahnya (itu adalah keyword yang diketik pengguna internet sehingga masuk ke blog Anda)
  • Lihat juga pada sebelah kanan daftar keyword terdapat rincian Impressions dan Position
  • Selesai.
Anda juga bisa menyimak gambar di bawah ini untuk mengetahui caranya.

Cara Mengetahui Daftar Keyword & Rankingnya di Google


Keterangan:
  • Bagian impressions adalah rincian tayangan halaman keseluruhan berdasarkan keyword yang memperoleh pengunjung dari Google search.
  • Position di sana maksudnya adalah perkiraan posisi keyword di Google. Misalnya Anda mempunyai artikel tentang cara mengetahui ranking kata kunci sebuah blog di Google. Jika kata kunci atau keyword tersebut posisinya di search console adalah 1.2 artinya keyword tersebut mendapatkan peringkat ke-1 di halaman pertama jika orang-orang mengetikkan kata kunci tersebut.

Kesimpulan:

Untuk mengetahui daftar kata kunci atau keyword pada blog beserta peringkatnya di Google penelusuran Anda bisa menggunakan Google search console sebagai alat yang cukup canggih untuk mendapatkan informasi seputar hal tersebut. Semoga tutorial ini bermanfaat. Selamat mencoba dan semoga sukses.