Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengapa Judul Artikel Disarankan Menggunakan Long Tail Keyword?

Hai Sobat Blogger!

Long Tail Keyword atau Kata Kunci Ekor Panjang adalah sebuah istilah yang digunakan dalam teknik pembuatan judul artikel menggunakan 5-7 kata. Penggunaan long tail keyword dalam judul postingan atau artikel didasarkan pada kata yang diketik oleh pengguna internet saat mencari informasi melalui mesin telusur.

Lawan kata dari long tail keyword adalah short tail keyword (kata kunci pendek). Kata kunci pendek ini biasanya terdiri dari 3 sampai 4 kata.

Berikut ini contohnya:

Contoh Long tail keyword:
  • Cara Membuat Blog Gratis di Blogger
  • Cara Membuat Blog dari Smartphone.

Contoh Short tail keyword:
  • Cara Membuat Blog.

Mengapa penggunaan long tail keyword disarankan oleh para pakar SEO bahkan Google?

Alasan pertama adalah yang saya sebutkan di atas. Jadi, sebagian besar pengguna internet mencari informasi dengan mengetik kata kunci yang panjang dan lebih spesifik terhadap informasi yang dicari.

Alasan yang kedua yaitu kata kunci panjang memiliki tingkat persaingan yang lebih rendah daripada kata kunci pendek. Di samping itu, kata kunci pendek umumnya dikuasai oleh situs-situs yang sudah tua dan memiliki reputasi baik di hadapan Google. Jadi, kalau blog yang masih baru memaksakan diri untuk membuat artikel menggunakan judul pendek maka kemungkinan muncul di halaman pertama Google sangat kecil.

Alasan ketiga: penggunaan long tail keyword memungkinkan sebuah postingan bisa muncul pada keyword pendek yang dimaksud.

Nah jadi itulah 3 alasan utama mengapa penggunaan long tail keyword dalam membuat judul sangat disarankan, terutama bagi blog yang masih baru.

Bisakah kita membuat judul dengan kata kunci pendek? Boleh-boleh saja, tidak masalah, asalkan Sobat mampu bersaing di search engine. Itu pun kalau tujuan Sobat menulis adalah untuk mencari pengunjung.

Sebenarnya kata kunci pendek pun tidak mutlak selalu dikuasai oleh situs yang sudah tua, situs baru pun bisa berpeluang unggul di page one dengan kata kunci pendek, asalkan topik yang akan dibahas belum ada yang menulisnya di internet. Akan tetapi, kalau topik yang akan Sobat tulis memiliki volume penelusuran yang tinggi maka pilihan bijak yang harus ditempuh adalah membuat judul dengan long tail keyword.

Kesimpulan:
Menggunakan longtail keyword pada judul postingan/ artikel tentu lebih memberikan efek yang baik. 3 alasan utamanya bisa Sobat lihat di atas pada kalimat yang saya garis bawahi. Pembahasan ini dicukupkan sampai di sini. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Sobat yang baru memulai karir di dunia blogging.