Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Artikel Jadi 100% Unik

Halo Sobat Blogger...
Kali ini materi yang akan dibahas adalah cara membuat artikel yang 100% unik. Sebagai penunjang informasi tersebut, kami juga terlebih dahulu akan membahas pengertian artikel unik, kelebihan atau keunggulan-nya dibandingkan dengan duplikat, manfaat artikel unik, dan tool gratis yang bisa digunakan untuk mengecek tingkat keunikan artikel.

Nah, agar waktu Anda di blog ini lebih efektif, Sobat bisa langsung menyimak pembahasan berikut.
Baca dan simak pembahasan ini sampai habis ya?! Supaya apa yang disampaikan dapat dipahami seluruhnya.

Pengertian Artikel Unik

Artikel unik adalah sebutan untuk artikel yang penulisannya berbeda dengan artikel lain yang ada di internet pada umumnya. Yang menyebabkan sebuah artikel disebut unik pada dasarnya memiliki susunan kata/ komposisi kalimat atau frasa yang berbeda.

Misalnya ada 2 buah artikel yang sudah diterbitkan:
(1) Pada artikel ke-1 konten berisi kalimat: "Artikel unik adalah artikel yang berbeda dengan artikel lain"
(2) Pada artikel ke-2 kontennya berisi kalimat:  "Artikel unik merupakan sebuah artikel yang isinya beda dengan artikel lain pada umumnya".

Dua artikel tersebut sudah pasti unik karena mempunyai struktur kalimat dan penggunaan kata yang berbeda, meskipun pada intinya makna dari 2 contoh di atas masih sama.

Jadi, kalau boleh menyimpulkan, artikel unik adalah artikel yang memiliki susunan kata atau kalimat yang berbeda dengan artikel lainnya yang ada di internet. Terlepas dari permasalahan apakah itu hasil tulis ulang atau pun murni dari pemikiran Sobat.

Keunggulan Artikel Unik Dibandingkan Duplikat

Artikel yang unik tentunya memiliki keunggulan yang cukup banyak dibanding dengan artikel duplikat. Beberapa keunggulan itu diantaranya:
  1. Lebih disukai oleh pembaca
  2. Lebih mudah untuk di-indeks saat artikel diterbitkan dan di-submit ke Search console
  3. Dapat mendatangkan lebih banyak pembaca.

Manfaat Artikel yang Unik

Artikel semacam ini mungkin akan mendatangkan manfaat yang lebih besar bagi pembuat artikel juga bagi para pembaca.

Bagi pembuat atau penulis, mungkin ini dapat menjadikan artikel yang unik lebih unggul di mesin pencari. Adapun untuk pembaca, artikel yang unik mungkin juga dapat membuat pembaca jadi lebih betah.

Tools Gratis untuk Mengecek Tingkat Keunikan Artikel

Di zaman serba canggih seperti ini kegiatan mengecek keunikan artikel bisa dilakukan dengan mudah dan cepat menggunakan tool.

Tools yang tersedia gratis untuk melakukan pengecekan pada keunikan artikel diantaranya yaitu:
  1. SmallSeoTool (plagiarism checker)
  2. Copyscape
  3. Duplichecker
  4. Plagiarismdetector
  5. Quetext
  6. Paperrater, dan lain sebagainya.
Untuk mencari tau bagaimana cara kerja setiap tools di atas, Anda bisa melakukannya sendiri dengan berselancar di internet dan mencobanya satu persatu untuk lebih memahami bagaimana cara kerjanya.

Cara Membuat Artikel yang Unik 100%

Nah, bagian ini yang pasti paling ditunggu-tunggu oleh Sobat, kan?
Untuk membuat atau menulis artikel yang benar-benar unik hingga 100%, berikut ini langkah-langkah atau tahapan yang bisa Anda gunakan.

Langkah-langkah:
  1. Tulis atau buat artikel yang murni hasil dari pemikiran Anda sendiri
  2. Sebelum menerbitkan artikel di blog, Anda bisa menggunakan salah satu tool plagiarism checker untuk memastikan apakah artikel yang sudah ditulis benar-benar mempunyai tingkat keunikan 100% atau belum. Anda bisa menggunakan alat pengecekan plagiat dari small seo tools. Jika ingin, Anda bisa melihat persentase keunikan dari artikel Anda
  3. Copy atau salin teks artikel Anda (maksimal jumlah kata yang bisa dicek adalah 1000)
  4. Paste atau tempel teks artikel pada kolom yang disediakan
  5. Lihat persentase keunikan artikel yang muncul. Jika yang muncul kurang dari 100% maka Anda bisa memperbaikinya sehingga artikel atau tulisan Anda hingga menjadi 100% unik.

Kesimpulan:

Untuk membuat artikel yang unik 100% maka hal pertama yang harus dilakukan adalah mencoba menulis sesuai dengan yang ada di pikiran Anda. Untuk lebih meyakinkan diri Anda tentang seberapa unik artikel yang telah ditulis, Anda bisa menggunakan tools yang menampilkan persentase keunikan artikel. Dengan demikian, maka artikel yang sudah dibuat dapat diketahui tingkat keunikannya berapa persen, sehingga bila kurang dari 100 maka Anda bisa mengedit kalimat yang dianggap duplikat.