Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memasang Ads.txt untuk Mencegah Hilangnya Pendapatan AdSense

Halo Sobat Publisher.
Sebagai Publisher baru, Anda tentunya ingin penghasilan dari Google AdSense selalu terhitung atau tercatat oleh sistem walau sekecil apapun. Akan tetapi, pada kenyataannya ada saja penyebab penghasilan AdSense tak terhitung, salah satu penyebabnya yaitu ads.txt tidak terpasang di blog.

Dulu AdSense memang tidak menyuruh publisher untuk memasang ads.txt bahkan belum ada aturan tentang pemasangannya di blog atau situs publisher, tapi sekarang sepertinya ini sudah diwajibkan.

Nah, untuk memperdalam pembahasan kita mengenai hal ini, Anda bisa menyimak satu persatu uraian berikut.

Memasang Ads.txt untuk Mencegah Hilangnya Pendapatan AdSense
Ilustrasi


Apa yang dimaksud dengan Ads.txt?

Ads.txt adalah sebuah file berisi teks yang terdiri dari gabungan dari nama domain penjual inventaris, ID publisher, status penjual, dan kode khusus. Ads yang dimaksud disini merupakan kepanjangan dari Authorized Digital Sellers yang artinya Penjual Digital Resmi.

Berikut ini contoh file ads.txt yang saya kutip dari halaman support AdSense.
Contoh:
google.com, pub-0000000000000000, DIRECT, f08c47fec0942fa0
Keterangan:

  • google.com merupakan domain atau situs penjual inventaris iklan digital yang resmi yakni Google
  • pub-0000000000000000 merupakan contoh ID penayang iklan atau Publisher AdSense
  • DIRECT merupakan status penjual yakni penjual inventaris langsung
  • dan f08c47fec0942fa0 adalah kode yang saya tidak tahu apa maksudnya.

ads.txt ini merupakan inisiatif dari IAB (Interactive Advertising Bureau) yang merupakan suatu upaya untuk meningkatkan transparansi dalam dunia periklanan digital.


Mengapa ads.txt Harus Dipasang?

Berdasarkan artikel yang saya baca dari halaman support AdSense, di sana dijelaskan bahwa Publisher sangat disarankan untuk memasang Ads.txt karena pemasangannya di blog dapat membantu pembeli inventaris iklan untuk mengidentifikasi inventaris palsu. Dengan begitu, Publisher akan menerima lebih banyak hasil dari pengiklan.

Sebenarnya, maksud dari kalimat tersebut masih belum bisa saya tangkap sepenuhnya, akan tetapi kurang lebih itulah alasan mengapa ads.txt di blog harus dipasang.

Nah, jadi kita sebagai Publisher Google AdSense sudah menjadi keharusan memasang file ads.txt di blog kalau tidak ingin penghasilannya menurun. Ya, penyebab menurunnya penghasilan mungkin karena tidak ada inventaris yang terjual. Oleh sebab itu, Google menganjurkan publisher memasang ads.txt untuk mencegah hilangnya pendapatan.

Dimana file ads.txt bisa saya temukan?

File ads.txt bisa kita temukan di akun AdSense masing-masing saat muncul notifikasi bahwa file tersebut tidak terpasang di blog kita. Saat Anda meng-klik Action pada notifikasi tersebut maka Anda akan dibawa untuk melihat kode-nya. Dan di sana, ada perintah untuk memasangnya di blog atau semua situs yang Anda miliki.

Selanjutnya, salin atau copy file txt tersebut kemudian tempel atau paste di blog Anda.

Tambahan:
Sebenarnya kode ads.txt yang sudah saya tulis pada contoh di atas formatnya hampir sama dengan kode milik kita. Hanya saja, perbedaannya ada pada ID publisher-nya.

Bagaimana Cara Memasang Ads.txt di Blog?

Bagi Anda yang menggunakan Blogger.com, Anda dapat mengikuti tahapan di bawah ini untuk memasangnya.

Tahapan/ Langkah-langkah memasang ads.txt di Blogger:

  1. Masuk ke akun Blogger
  2. Pada dasbor Blogger, pilih menu SettingsSearch preferences
  3. Pada bagian Monetization (custom ads.txt) klik Edit
  4. Paste atau tempel kode ads.txt yang sudah disalin dari akun AdSense Anda
  5. Saat muncul teks "Enable custom ads.txt content?", maka pilih Yes
  6. Save changes.
Nah, itulah cara memasang file ads.txt di blog Anda yang dibuat pada Blogger.com.


Kesimpulan:

Untuk mencegah hilangnya pendapatan AdSense karena ads.txt tidak terpasang, maka solusinya yaitu segera memasang file ads.txt di blog dengan cara yang sudah saya sampaikan di atas.

Perlu diingat bahwa setelah Anda memasang ads.txt sesuai langkah di atas, Anda akan tetap melihat adanya notifikasi di akun AdSense Anda. Jangan panik jika notifikasinya belum hilang, karena sistem AdSense butuh waktu beberapa hari (saya dulu 8 hari) untuk menghilangkan notifikasi tersebut dari akun Anda.

Setelah pemasangan ads.txt selesai di blog Anda, biarkan saja tetap terpasang meskipun notifikasi masih ada. Nanti setelah pemasangan itu berhasil, maka 8 hari berikutnya akan hilang sendiri.