Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengecek Broken Link dengan Tool Gratis dan Cara Memperbaikinya

Blog Anda banyak broken linknya?
Jangan khawatir, karena di postingan ini saya akan berbagi tutorial tentang cara mengecek broken link dengan mudah menggunakan tool gratis di internet. Setelah itu, pembahasannya akan dilanjutkan ke cara memperbaiki broken link untuk menjaga kesehatan blog.

Sebelum ke bahasan itu, saya menganggap Anda perlu menyimak pembahasan berikut ini terlebih dahulu.

Tetap membaca sampai selesai ya, Sobat.

Broken link (disebut juga Dead Link) merupakan URL yang sudah dihapus dan tidak ada lagi pada situs atau blog. Penyebab utama terdeteksinya broken link yaitu karena link yang sudah terhapus tadi masih tersemat atau tertaut di suatu situs web/ blog, baik pada situs perujuk ataupun pada situs itu sendiri.

Broken link harus diperbaiki karena dapat menyebabkan pengalaman yang kurang baik bagi pengunjung karena nantinya pengunjung tidak dapat menemukan konten yang diinginkan, sehingga mereka akan segera keluar dan meninggalkan situs dengan broken link tersebut.

Menurut artikel yang pernah saya baca, adanya broken link pada sebuah situs web/ blog bisa mengakibatkan turunnya peringkat artikel yang sudah dihapus itu. Jika semakin banyak broken link mungkin pengunjung akan menandai situs tersebut sebagai situs yang kurang berguna.

Jika demikian, saya jamin pemiliknya akan merasa rugi yang amat besar karena dengan hal tersebut reputasi situs/ blog nya dipertaruhkan gara-gara broken link yang banyak.

Kalau demikian, ini termasuk masalah yang serius dan tidak elok kalau dibiarkan begitu saja tanpa perbaikan.


Mengecek Broken Link dengan Tool Gratis dan Cara Memperbaikinya


Untuk memperbaiki broken link, tentu ada tahapan yang harus kita lakukan. Dan yang pertama harus dilakukan adalah mengecek broken link di situs web/ blog terlebih dahulu.

Agar pekerjaan kita lebih cepat dan mudah, kita bisa memanfaatkan tool gratis untuk mengecek broken link.

Ada banyak tool di internet yang bisa digunakan. Namun saya sering menggunakan broken link checker yang disediakan oleh brokenlinkcheck.com.

Cara Mengecek Broken Link di Blog Menggunakan Tool Gratis Broken Link Checker

Berikut ini tahapan atau langkah-langkahnya:
  1. Anda bisa masuk ke situs penyedia broken link checker atau dead link checker
  2. ketikkan URL blog / situs web Anda pada kolom yang tersedia. Jika blog Anda menggunakan custom domain, maka Anda bisa mengetikkan URL blog/ situs dengan diawali www. Tapi apabila Anda menggunakan subdomain blogspot, Anda cukup mengetikkan alamat blog Anda, misalnya: dokumensekolahdasar.blogspot.com. Yang pasti Anda tidak perlu menambahkan http atau https saat memasukkan alamat blog di kolom pengecekannya
  3. Setelah mengetikkan URL atau alamat blog, Anda tekan Find Broken Links
  4. Memasukkan Captcha 
  5. Tekan Find Broken Links Now
  6. Tunggu sampai proses pengecekannya selesai
  7. Akan muncul daftar link rusak atau broken link yang ada di blog Anda (itupun kalau ada)
  8. Copy broken link yang terdapat di blog Anda
  9. Cek satu persatu dan catat dari mana sumber tautan yang memicu broken link berasal. Anda bisa melihatnya pada teks scr (source) di tool tersebut.

Ok... Kita lanjutkan ke...

Cara Memperbaiki Broken Link

Setelah Anda mendapatkan data sumber tautan yang menyebabkan broken link selanjutnya:
  1. Edit artikel yang mengandung tautan ke link mati atau yang sudah dihapus dengan menghilangkan link yang tersemat pada teks (anchor text) di artikel Anda yang merujuk ke link rusak di blog Anda
  2. Setelah diperbaiki maka selanjutnya adalah mem-publish ulang artikel tersebut.
Itulah caranya.
Mudah, kan?

Intinya semua tautan yang ada di blog Anda, baik yang mengarah ke dalam blog itu sendiri ataupun ke luar (ke blog lain), maka kita harus menghilangkan tautan tersebut jika memang link yang ditautkan itu sudah rusak.

Akibat yang terjadi karena broken link umumnya yaitu situs/ blog akan mengalami penurunan jumlah pengunjung. Mengapa? Karena dengan adanya broken link, pengunjung akan kabur dari blog dengan cepat, sehingga sistem menganggap blog Anda tidak menarik dan akhirnya posisi blog Anda pun tergeser dengan yang lain..

Kesimpulan:
Untuk memperbaiki broken link kita harus melakukan pengecekan broken link terlebih dahulu dengan menggunakan tool online agar pengecekan berlangsung dengan cepat. Adapun untuk menghapus atau memperbaiki broken link Anda bisa mengikuti langkah-langkah sebagaimana telah dijelaskan di atas.