Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jumlah Artikel yang Pas untuk Pemula Saat Mendaftar AdSense

Sekarang ini informasi tentang AdSense sepertinya sudah sampai di telinga banyak orang dari berbagai usia. Ini terbukti dari semakin banyaknya grup di sosial media yang membicarakan AdSense.

Dari sekian banyak obrolan anggota di salah satu grup sosial media, ada yang menanyakan:
Berapa jumlah artikel yang ideal pada blog saat mendaftar AdSense?

Sebelum menyikapi pertanyaan tersebut, di sini saya akan membahas terlebih dahulu ciri blog yang sudah bisa didaftarkan ke AdSense.

Apa cirinya?
Cirinya yaitu ketika di blog tersebut sudah muncul tombol Sign up for AdSense yang ada pada menu Earnings atau Penghasilan.

Dengan munculnya tombol tersebut, maka Sobat bisa mendaftarkan blog ke AdSense.
Sebaliknya, jika belum muncul berarti blog tersebut belum layak di daftarkan.
Tapi, perlu diketahui di sebagian kasus, tombol tersebut tidak ada atau tidak ditemukan di blog karena menu Penghasilannya pun tak muncul.

Nah, jika kasusnya begitu, artinya Sobat harus mengatur bahasa blog Anda dari Indonesia ke Inggris (Amerika Serikat).

Lebih jelasnya baca: Panduan untuk Mendaftarkan Blog ke AdSense.

Kemudian...
Sebaiknya berapa jumlah artikel yang pas untuk pemula saat ingin mendaftar ke AdSense?

Jika ditanya berapa jumlahnya, saya katakan lebih banyak itu lebih baik selama konten atau artikel di blog bersih dari pelanggaran.

Anda bisa mendaftarkan blog Anda saat jumlah artikelnya 50, 60, atau bahkan saat blog sudah punya 100 artikel sekali pun.

Namun, di sini kita juga perlu mempertimbangkan beberapa hal.

Terkadang pemula seperti kita belum sepenuhnya paham dengan kebijakan AdSense. Terkadang pula kita merasa bahwa artikel di blog kita sesuai dengan kebijakan dan tidak ada konten berhak cipta, padahal kenyataannya ada.

Keterbatasan kita sebagai pemula adalah dalam hal itu.
Mungkin saat pertama kali mendapat email penolakan dari Google AdSense kita akan merasa bahwa mengapa kita ditolak padahal konten kita original.

Original mungkin bisa saja. Tapi permasalahan ditolaknya pengajuan AdSense bukan hanya pada original atau tidaknya. Ada banyak hal yang perlu kita perhatikan dari konten yang kita daftarkan ke Google AdSense.

Berkaitan dengan kasus seperti itu. Kita akan semakin bingung untuk menganalisa dimana letak kesalahan di blog kita yang menyebabkannya ditolak. Terutama bila masalahnya terletak dalam konten.

Artinya, kita harus "mengobrak-abrik" artikel yang sudah kita buat untuk menemukan dimana penyebab pelanggaran ditemukan.

Semakin banyak jumlah artikel yang ada di blog maka saya jamin Anda akan kebingungan dan kesulitan dalam menemukan letak kesalahan dalam konten.

Sebaliknya, jika konten atau artikel di blog yang kita miliki masih belum terlalu banyak, katakan saja jumlahnya 20 artikel, maka akan mudah bagi kita mengoreksi konten.

Anda tentu paham apa yang saya maksud, kan?

Jadi...
Kesimpulannya:
Jumlah artikel yang pas untuk mendaftar AdSense itu sebenarnya tidak ada batasannya. Mau 20 artikel, 30, 40, 50 atau mungkin 100 artikel bahkan lebih banyak dari itu pun bisa dan sah-sah saja selama konten yang ada di blog sesuai dengan kebijakan AdSense.

Akan tetapi, saran saya sebaiknya blog yang akan/ ingin didaftarkan ke AdSense sebaiknya memiliki artikel yang jumlahnya tidak terlalu banyak. Mengapa? Ini sebagai antisipasi apabila ditolak maka kita akan lebih mudah memperbaiki konten jika artikelnya masih sedikit (sekitar 20-an) ketimbang apabila jumlahnya banyak.

Itulah alasan mengapa para master menyarankan agar jumlah artikel yang akan didaftarkan ke Google AdSense jangan terlalu banyak. Kaitannya yaitu dengan perbaikan konten apabila kenyataan pahit blog kita ditolak.

Semoga pembahasan ini bermanfaat bagi rekan Blogger yang sedang membaca.