Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Desain Kartu Anggota Perpus Bentuk CDR dengan Barcode

Kartu anggota perpustakaan sekolah adalah sebuah kartu tanda keanggotaan yang sah sebagai bukti bahwa siswa telah menjadi anggota pada perpustakaan yang berada di sekolahnya. 

Kartu ini umumnya berukuran panjang 3.37 inci dan lebar 2.125 inci atau setara dengan 8.425 x 5.3 sentimeter.

Kartu anggota perpustakaan di sekolah termasuk salah satu administrasi perpustakaan yang harus dimiliki. Dengan kartu tersebut anggota (siswa) dapat meminjam buku dari perpus untuk dibawa ke rumah.

Dulu pencetakan kartu ini dilakukan pada kertas tebal atau pada karton, akan tetapi setelah kemajuan dalam bidang percetakan kini kartu anggota perpustakaan dicetak pada bahan PVC. Apapun bahannya yang pasti kartu ini perlu dimiliki oleh anggota demi mewujudkan tertib administrasi perpustakaan di sekolah masing-masing.

Nah, sesuai dengan judul postingan ini, sekarang saya akan berbagi desain kartu anggota perpustakaan sekolah dalam format CDR yang bisa Anda download secara gratis.

Bapak/Ibu Kepala Perpustakaan bisa mengeditnya sesuai kebutuhan dengan mengacu pada data sekolah dan siswa yang menjadi anggota di perpustakaan sekolah yang Anda kelola.

Desain kartu tersebut kami simpan di folder RAR sehingga Anda akan lebih mudah melakukannya melalui desktop atau komputer. Adapun desainnya mencakup bagian depan dan belakang kartu.

Berikut ini tampilan desain kartu anggota perpustakaan sekolah yang saya maksud.





Cara mengedit komponen kartu:
  1. Untuk mengedit teks di kartu, Anda hanya perlu mengklik 2x teks pada kartu anggota tersebut
  2. Untuk menyesuaikan barcode, Anda bisa memilih menu Object → Insert Barcode → pilih salah satu format standar barcode → tentukan digit barcode-nya → Next → Next → Finish.
Berikut ini link untuk mendownload dokumennya.
Demikian yang bisa saya bagikan pada kesempatan ini. Semoga bermanfaat bagi kepala perpustakaan yang bekerja di sekolah menengah (SMP/SMA) maupun di SD.