Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Buku Kunjungan Supervisi Kelas

Buku kunjungan supervisi kelas merupakan media untuk mencatat setiap kunjungan dengan maksud / tujuan melaksanakan supervisi kegiatan atau proses pembelajaran di kelas.

Secara administrasi, buku ini disiapkan oleh guru kelas di SD maupun wali kelas di SMP/SMA sederajat.

Tujuan dibuatnya buku kunjungan supervisi kelas adalah untuk mendokumentasikan peristiwa atau kegiatan supervisi yang pernah dilaksanakan pada suatu kelas supaya diketahui waktu supervisinya dan siapa supervisor (kepala sekolah atau pengawas pembina) yang pernah berkunjung untuk melaksanakan supervisi tersebut.

Manfaat buku ini tentu saja sebagai administrasi guru kelas. Di samping itu, buku juga dapat menjadi bukti bahwa pada kelas tertentu pernah dilaksanakan supervisi kelas.

Buku kunjungan supervisi kelas meliputi bagian-bagian penyusun, di antaranya:

  • Jilid atau sampul / cover
  • Isi.
Bagian isi buku mencakup nama sekolah, tahun pelajaran, judul, kelas, semester, dan tabel (yang tersusun dari 7 kolom ke samping dan beberapa kolom ke bawah).

Kolom ke samping (bagian yang teratas) diberi keterangan yang secara berurutan terdiri dari: nomor, nama supervisor, jabatan, perihal, kesan atau saran perbaikan, hasil, dan keterangan.

Format isi buku dapat dilihat pada gambar berikut.





Seperti itulah formatnya.
Bagi Ibu/Bapak guru kelas yang ingin membuatnya, Anda bisa membuat buku tersebut dengan menggunakan Word atau Excel di komputer Anda. Caranya yaitu dengan mengetiknya sesuai format yang dibagikan pada gambar di atas.

Apabila ingin membuatnya di folio bergaris, Anda juga bisa membuatnya sesuai format di atas.

Adapun untuk mengisi buku kunjungan supervisi yang dimaksud, Anda hanya mengisinya sesuai dengan judul keterangan pada kolom yang tersedia pada tabel.

Itu yang mungkin dapat saya sampaikan pada artikel ini. Lain kali jika ada perubahan format yang paling baru, saya akan meng-update di artikel ini.