Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Format Buku Catatan Pengeluaran Barang Inventaris

Buku catatan pengeluaran barang inventaris adalah sebuah buku yang berisi catatan terkait daftar barang inventaris yang dikeluarkan oleh suatu instansi. Sekolah sebagai sebuah instansi yang bersifat resmi atau formal terutama sekolah negeri perlu mengelola setiap barang yang masuk dan keluar. Berkaitan dengan itu, di postingan ini saya akan membagikan format buku catatan pengeluaran barang inventaris sekolah.

Ini ditujukan bagi tenaga administrasi sekolah urusan sarana dan prasarana guna melengkapi administrasi yang perlu dimiliki sebagai bentuk tanggung jawab kerja.

Kegunaan atau fungsi utama dari buku catatan ini yaitu untuk mencatat setiap barang yang dikeluarkan dari sekolah. Adapun kegunaan lainnya yaitu sebagai bahan penyusunan laporan barang inventaris sekolah secara berkala.

Manfaatnya bagi sekolah dan tenaga administrasi SARPRAS adalah sebagai dokumen bukti transaksi pengeluaran barang yang telah dilakukan.

Pada umumnya, buku catatan pengeluaran barang ini tersusun dari bagian sampul atau cover dan isi. Bagian cover-nya seperti biasa memuat judul, nama sekolah dan tahun ajaran yang sedang berlangsung. Adapun data yang dicantumkan pada bagian isi dari buku ini mencakup:

  1. Kop sekolah
  2. Daftar Pengeluaran Barang Inventaris
  3. Tabel yang terdiri dari kolom nomor, tanggal keluar barang, nama dan alamat pengirim, tanda bukti penerimaan (berdasarkan nomor dan tanggal), nama dan uraian barang, banyak/ jumlah barang, harga satuan, jumlah harga, dan keterangan
  4. Mengetahui kepala sekolah dan pengurus barang.
Untuk lebih memperjelas pembahasannya, berikut dapat Anda lihat format isi buku catatannya pada tampilan gambar berikut.





Berikut ini dokumen yang bisa Anda download berkenaan dengan buku tersebut.
Demikian format buku pengeluaran barang yang dapat saya bagikan dengan tenaga administrasi sekolah urusan sarana dan prasarana. Semoga itu bermanfaat bagi rekan sekalian.