Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Laporan Evaluasi Diri Sekolah, Pembahasan dan Contohnya

Selamat datang Bapak/Ibu pengunjung blog Dokumen Sekolah Dasar.
Pembahasan kali ini adalah seputar laporan evaluasi diri sekolah atau yang biasa disingkat dengan EDS.

Di sini ada beberapa pembahasan yang akan disampaikan.

Pertama: Apa yang dimaksud dengan Laporan EDS (Evaluasi Diri Sekolah)?

Kedua: Mengapa Laporan EDS Harus Dibuat?

Ketiga: Contoh Laporan Evaluasi Diri Sekolah Dasar Lengkap







Berikut ini pembahasannya.

Apa itu Laporan EDS?

Laporan EDS atau Evaluasi Diri Sekolah adalah proses evaluasi tentang kualitas sekolah dalam ruang lingkup internal dengan tujuan untuk menilai sejauh mana kinerja sekolah berdasarkan SPM dan SNP (Standar Nasional Pendidikan) yang hasil evaluasinya dapat digunakan sebagai dasar untuk menyusun RKS (Rencana Kerja Sekolah). Evaluasi diri sekolah merupakan serangkaian sistem yang menjalankan proses tahap demi tahap mulai dari pembentukan  tim  pengembang  sekolah, penggunaan instrumen, pelaksanaan EDS di sekolah, dan penggunaan hasil sebagai dasar penyusunan rencana pengembangan sekolah atau rencana kerja sekolah serta rencana kegiatan anggaran sekolah.

Mengapa Laporan EDS Harus Dibuat oleh Sekolah?

Laporan evaluasi diri sekolah perlu dibuat karena ini merupakan hal yang penting bagi sekolah termasuk stackholder yang terlibat di dalam instansi pendidikan. Alasan mengapa laporan tersebut harus dibuat yaitu mengacu pada 3 hal, di antaranya yaitu untuk bagaimana kita mengetahui kinerja sekolah, seberapa baik kinerjanya, dan bagaimana meningkatkan kinerja sekolah di masa yang akan datang.

Contoh Laporan Evaluasi Diri Sekolah Lengkap

Untuk melihat contoh laporan EDS untuk sekolah dasar yang lengkap, berikut akan admin bagikan link ke situs resmi yang memuat laporan tersebut.

Bapak/Ibu dapat melihat dokumen pdf terkait contoh laporan tersebut melalui tautan berikut ini.

Contoh Laporan EDS SD Format PDF.

Nah, itulah yang dapat admin bahas dan bagikan pada kesempatan ini. Sampai jumpa lagi di artikel-artikel lainnya yang Insya Allah bermanfaat.