Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu Surat Instruksi Kepala Sekolah dan Bagaimana Contohnya

Di artikel ini dokumensekolahdasar.blogspot.com akan membahas secara lengkap tentang surat instruksi kepala sekolah. Pembahasan meliputi apa itu (definisi), manfaat, kegunaan, strktur, dan contoh surat tersebut.

Apa itu Surat Instruksi Kepala Sekolah?

Definisi

Yang dimaksud dengan surat instruksi kepala sekolah adalah sebuah instruksi tertulis yang berasal dari kepala sekolah, diberikan kepada guru dan/atau tenaga kependidikan sebagai penerima perintah atau arahan. Meski terkadang isinya memuat perintah, namun surat tersebut berbeda dengan surat perintah. Perbedaannya terletak pada banyaknya (jumlah) penerima dan jenis perintah yang diberikan.

Surat perintah umumnya hanya dikhususkan untuk sebuah perintah khusus dan hanya diberikan kepada 1 orang dalam satu surat, sedangkan surat instruksi bisa dibuat untuk banyak orang dan beberapa jenis perintah per dokumen surat.

Manfaat

Surat tersebut dapat dimanfaatkan sebagai arsip sekolah yang dikategorikan administrasi persuratan. Di samping itu, surat instruksi juga akan bermanfaat dalam akreditasi sekolah.

Kegunaan

Kegunaan utamanya yaitu untuk media penyampaian arahan atau perintah secara tertulis bagi guru/ tenaga kependidikan yang diminta untuk menjalankan instruksi tersebut dari kepala sekolah.

Struktur

Struktur surat instruksi dari kepala sekolah mencakup bagian-bagian berikut:

  • Kop (kepala surat)
  • Judul "Instruksi kepala sekolah"
  • Nomor
  • Tahun
  • Tentang hal yang diinstruksikan
  • Bagian utama surat yang mencantumkan atas nama kepala sekolah memberikan instruksi kepada yang ditunjuk (bisa 2 orang bahkan lebih)
  • Hal yang diinstruksikan
  • Masa berlaku instruksi
  • Tempat dan tanggal dikeluarkannya surat
  • Nama kepala sekolah, TTD, dan cap.

Contoh Surat

contoh format surat instruksi kepala sekolah terbaru

Contoh surat ini merupakan sample atau referensi yang bisa digunakan oleh kepala sekolah atau tenaga administrasi urusan persuratan yang membutuhkannya dalam rangka membuat surat tersebut.

Contoh surat yang dibagikan diharapkan dapat bermanfaat bagi pihak yang disebutkan sehingga dapat membuat surat asli yang akan dikeluarkan/diberikan kepada penerima instruksi.

Bagaimana contohnya?

Anda bisa melihat contohnya pada tampilan dokumen berikut:



Demikian yang dapat disampaikan tentang apa yang dimaksud dengan surat instruksi kepala sekolah dan contohnya.

Semoga bermanfaat dalam pembuatan surat tersebut.