Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Format Laporan Pelaksanaan Bimbingan Klasikal

Pada artikel ini admin akan membagikan blangko format laporan pelaksanaan kegiatan bimbingan klasikal untuk guru BK yang mengajar di sekolah menengah pertama atau SMP.

Blangko format laporan bimbingan klasikal adalah format kosong yang menggambarkan bentuk dan susunan laporan terkait pelaksanaan kegiatan yang dilaksanakan oleh guru bimbingan konseling setelah melaksanakan kegiatan bimbingan klasikal terhadap konseli atau peserta didik.

Bimbingan klasikal itu sendiri adalah layanan yang diberikan oleh guru BK terhadap sejumlah peserta didik di kelas yang pelaksanaannya pun dilakukan di kelas yang diberi layanan tersebut. Jadi bimbingan ini bersifat umum yang mencakup peserta didik dalam sebuah kelas.

Setelah melaksanakan kegiatan bimbingan jenis ini, guru BK tentunya perlu menyusun sebuah laporan yang di dalamnya mencakup komponen layanan, bidang layanan, topik, tujuan, kelas yang dibimbing, waktu pelaksanaan, durasi pertemuan tatap muka, materi yang disampaikan dalam bimbingan klasikal, serta hasil dan tindak lanjut dari kegiatan tersebut.

Mengingat begitu pentingnya laporan tersebut guna memenuhi administrasi kegiatan, maka kami menganggap bahwa format laporan bimbingan klasikal perlu dimiliki oleh guru BK, khususnya yang ingin mengetahui bagaimana formatnya.

Manfaat format laporan tersebut yaitu sebagai contoh yang bisa digunakan untuk membuat laporan bimbingan klasikal di SMP yang telah dilaksanakan guru BK.

Pada umumnya laporan tersebut strukturnya meliputi:
  • Kop sekolah
  • Judul yakni laporan bimbingan klasikal
  • Semester
  • Tahun pelajaran yang sedang berjalan
  • Beberapa hal yang harus dicantumkan di antaranya: komponen layanan, bidang, topik layanan, tujuan, kelas, semester, hari dan tanggal pelaksanaan, durasi tatap muka di kelas, materi bimbingan, hasil dan tindak lanjut atas bimbingan yang diberikan.
Berikut ini formatnya.




Demikian format laporan bimbingan klasikal yang bisa dibagikan. Semoga format tersebut bermanfaat bagi guru bimbingan konseling atau BK yang akan menyusunnya.