Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengecek Posisi atau Rank Situs Web Anda di Search Console

Pada artikel ini saya akan membahas bagaimana cara mengecek posisi atau rank situs web Anda sendiri melalui google search console.

Sebagian besar penulis online atau pemilik situs web termasuk blog tentunya ingin mengetahui peringkat situsnya pada mesin pencarian google.

Mengapa google, mesin pencari itu kan banyak?

Kelebihan yang mungkin dirasakan oleh sebagian besar pengguna internet merasa bahwa hasil penelusuran yang ditampilkan di Google hasilnya memuaskan karena tingkat kesesuaian sangat baik. Sehingga banyak pula yang menggunakan google sebagai mesin pencari pilihan pengguna.

Dikarenakan banyak pengguna google, maka konsekuensi logis-nya adalah developer situs web atau webmaster senior bahkan yang newbie sekalipun akan berlomba dan ingin menempati posisi yang baik di google.

Bagaimana cara mengecek peringkat situs web di search console?

Cara ini hanya berlaku bagi Anda yang situs web atau blog-nya sudah didaftarkan ke search console. Untuk mengetahui caranya Anda dapat menyimak tahapan-tahapan berikut:
  1. Login ke search console
  2. Pilih preperti situs web yang ingin di-cek peringkatnya
  3. Pilih menu 'Performance'
  4. Lihat angka di Average Position.
Nah, angka yang muncul di average position adalah peringkat rata-rata situs web Anda secara keseluruhan.

Tampilannya seperti berikut.

mengecek average position atau peringkat situs web blog di search console
gambar tangkapan layar dari search console
Posisi atau peringkat rata-rata yang muncul di average position sebenarnya masih bersifat umum. Anda juga bisa mengecek posisi keyword yang unggul di blog atau situs Anda.

Bagaimana cara mengecek posisi keyword unggul di blog?

Caranya yaitu dengan mencentang atau mengklik Average Position kemudian scroll mouse ke bawah dan lihat daftar Queries (Kata Kunci) yang bernilai 1 sampai 5.

Query atau keyword yang mendapatkan posisi dari 1 sampai 5 biasanya akan menempati halaman pertama hasil penelusuran kata kunci tersebut di google search result.

Dari data tersebut Anda bisa mengembangkan konten Anda berdasarkan query situs/ blog yang mendapatkan posisi atau peringkat 5 besar.

Untuk penjelasan selengkapnya Anda bisa membaca:


Itulah pembahasan yang bisa saya sampaikan pada artikel ini.
Semoga bermanfaat dan selamat ber-eksperimen.