Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bisakah saya Mengajukan Featured Snippets ke Google?

Dalam postingan ini saya akan menjawab pertanyaan: Bisakah saya mengajukan langsung ke Google untuk mendapatkan Featured Snippets atau Cuplikan Unggulan di hasil penelusuran?

Jawaban yang akan saya sampaikan ini merupakan hasil saya membaca dari halaman Bantuan Search Console Google. Diharapkan ini bisa memberikan pengetahuan tambahan yang lebih ringkas dan langsung ke target permasalahan Anda.

Apa itu Featured Snippets?

Berdasarkan artikel yang saya baca dalam halaman bantuan Google search console, Featured Snippets atau Cuplikan Unggulan adalah sebuah cuplikan deskripsi atau jawaban singkat yang muncul di hasil penelusuran Google yang diambil dari situs tertentu yang dianggap bermanfaat dan dapat menjawab pertanyaan pengguna atas sesuatu yang dicarinya.

Misalnya saya mengetik kata kunci 'Apa yang dimaksud dengan Featured Snippets?' di penelusuran Google maka akan muncul beberapa potong kalimat atau teks yang isinya penjelasan atau pengertian tentang Featured Snippets yang di bawah cuplikan tersebut tercantum sumber asal dari mana cuplikan diambil.

Kira-kira begitulah gambaran tentang bentuk Featured Snippets.

Apa Kegunaan Featured Snippets bagi Pengguna?

Kegunaan dari cuplikan unggulan ini adalah untuk meningkatkan kualitas hasil penelusuran Google sekaligus membantu pengguna internet atau pencari informasi untuk memperoleh jawaban dari apa yang mereka cari dengan cepat tanpa harus langsung mengakses situs sumbernya.

Kalau begitu rugi dong situs yang punya cuplikan.

Apa Manfaat Featured Snippets untuk Situs yang diambil Cuplikannya?

Tidak rugi rugi amat juga sih. Justru dengan featured snippets itu situs yang diambil cuplikannya akan lebih populer karena dipromosikan langsung oleh Google di hasil penelusurannya.

Beberapa penelitian juga ada yang menyebutkan dengan mendapatkan Featured Snippets, situs yang ditampilkan cuplikannya mengalami peningkatan trafik dan mendapatkan banyak rujukan dari situs terpercaya.

Itu katanya...
Pastinya saya tidak tahu.

Bisakah saya Mengajukan Featured Snippets ke Google?

Jawabannya tidak. Kita tidak bisa mengajukan permohonan untuk mendapatkan featured snippets. Kalau istilah keren-nya cuplikan unggulan ini merupakan hak prerogatif Google untuk menentukan situs mana yang berhak mendapatkannya.

Jadi, intinya tidak ada cara langsung untuk mengajukan supaya situs kita diberi featured snippets oleh Google. Artinya, kita hanya bisa berharap.

Adakah Cara atau Trik untuk Mendapatkan Featured Snippets?

Nah, kalau yang ini ada. Google memberikan gambaran tidak langsung agar sebuah artikel atau postingan bisa mendapatkan cuplikan unggulan.

Apa saja trik-nya?
  1. Artikel yang ditulis harus bisa menjawab pertanyaan sebagian besar pengguna Google
  2. Banyak diakses oleh pengguna
  3. Konten harus berupa pertanyaan atas suatu permasalahan dan jawabannya di bahas dengan baik
  4. Sebagian besar situs yang mendapatkan featured snippets merupakan situs yang muncul dari hasil penelusuran suara dalam bentuk pertanyaan.
Poin-poin di atas bisa Anda definisikan sendiri. Apa yang harus dilakukan sudah jelas. Jadi, targetnya adalah membuat konten atau artikel dengan gaya menulis pertanyaan kemudian menjawabnya. Kira-kira seperti yang ditulis oleh saya di artikel ini.

Apakah Featured Snippets bisa Hilang Sewaktu-waktu dari Situs yang sudah Mendapatkannya?

Ya.
Situs yang pernah mendapatkan fitur ini pun sewaktu-waktu bisa berhenti memunculkannya.
Mengapa itu bisa terjadi?
Penyebabnya bisa karena konten dalam situsnya mengandung hal-hal yang melanggar kebijakan pencarian Google; Bisa juga karena situs yang ditampilkan cuplikannya ingin agar Google tidak menampilkannya lagi.

Bagaimana Cara Supaya Google tidak menampilkan Featured Snippets dari Situs saya?

Kita bisa memasang kode di HTML situs jika tidak ingin menerima featured snippets dari Google. Untuk pengguna Blogger.com Anda bisa mengikuti cara atau langkah-langkah berikut:
  • Pilih menu 'Tema'
  • Edit HTML
  • Cari kode <head>
  • Letakkan kode <meta name="googlebot" content="nosnippet"> di bawah kode <head>
  • Simpan perubahan.
Nah, itulah cara untuk berhenti menerima Featured Snippets dari Google.

Demikian postingan yang bisa saya sampaikan terkait hal yang dibahas. Semoga postingan ini bisa memberikan wawasan tambahan bagi blogger yang sedang mencari informasi ini.
Masih ada yang ingin ditanyakan?
Silakan berkomentar pada kolom yang disediakan.