Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Format Buku Kegiatan Harian Kepala TAS

Buku kegiatan harian kepala TAS adalah sebuah buku yang digunakan untuk mencatat kegiatan harian yang dikerjakan oleh kepala tenaga administrasi sekolah saat bekerja. Buku tersebut pada dasarnya berfungsi sebagai media untuk mendokumentasikan kegiatan yang sudah dikerjakan dengan mengacu pada program kerja kepala TAS yang telah disusun dalam rangka menjalankan tugas.

Mengingat bahwa buku tersebut penting dibuat dan dimiliki kepala TAS karena termasuk administrasi, maka pada kesempatan ini saya akan berbagi contoh format buku kegiatan harian tersebut bagi kepala TAS yang bertugas/ bekerja di SMP maupun di SMA.

Manfaat buku kegiatan tersebut bagi kepala TAS SMP atau SMA yaitu dapat dijadikan pelengkap administrasi yang wajib dimiliki sebagai bagian dari penunjang kinerja kepala tenaga administrasi di sekolah. Selain itu, buku tersebut juga bermanfaat sebagai dokumen yang dapat dijadikan memo atau pengingat terkait kegiatan yang sudah dikerjakan. Sehingga, kepala TAS dapat mengevaluasi kegiatan apa yang sudah dan belum dikerjakan berdasarkan program kerjanya.

Buku tersebut pada dasarnya tersusun dari bagian cover dan isi. Cover buku kegiatan harian tersebut memuat judul, identitas sekolah, tahun pelajaran, logo sekolah/ dinas, nama kepala TAS, dan nama dinas pendidikan serta alamat sekolah.

Adapun untuk bagian isinya berbentuk tabel yang di atasnya mencantumkan judul yakni Buku Kegiatan Harian. Adapun tabelnya tersusun dari 4 kolom ke samping yang secara berurutan diberi keterangan seperti: nomor, hari/ tanggal, jenis kegiatan, dan keterangan.

Berikut ini tampilan format tabel-nya.





Untuk mengisi buku tersebut, Bapak/Ibu hanya menulis di kolom pengisian berdasarkan keterangan pada kolom paling atas yakni nomor, hari dan tanggal, jenis kegiatan, dsb.

Cara mengisi kolom-kolom pada buku kegiatan harian kepala TAS:
  1. Kolom nomor diisi dengan urutan berdasarkan waktu kegiatan.
  2. Kolom hari/tanggal diisi sesuai hari dan tanggal dilaksanakannya kegiatan.
  3. Kolom jenis kegiatan diisi dengan nama kegiatan yang telah dilaksanakan pada waktu bersangkutan.
  4. Kolom keterangan diisi dengan catatan tambahan bila ada hal yang perlu ditulis terkait kegiatan tersebut.
Cara membuat buku tersebut cukup mudah. Bapak/Ibu bisa membuatnya di word milik Anda dengan melihat format yang saya sediakan di atas. Selanjutnya Bapak/Ibu dapat mencetaknya di kertas A4 atau F4. Kemudian memperbanyak format tersebut dan meng-covernya menjadi sebuah buku.
Demikian yang bisa saya sampaikan. Semoga pembahasan dalam postingan ini bermanfaat. Terima kasih dan selamat bekerja.