Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Program Tahunan Ekskul Pramuka Penggalang

Memiliki program tahunan untuk kegiatan ekstrakurikuler pramuka pada tingkatan penggalang adalah suatu keharusan dalam menjalankan kegiatan kepramukaan di sekolah karena itu menunjang terhadap keberhasilan kegiatan itu sendiri.

Dengan adanya program tahunan maka kegiatan ekskul pramuka akan berjalan dengan lancar dan terarah. Oleh sebab itu, maka perlu disusun perencanaan kegiatan untuk setahun guna memperbesar tingkat kesuksesan atau keberhasilan dalam menjalankan kegiatan yang dimaksud.

Pada kesempatan ini, saya akan membagikan contoh program tahunan ekstrakurikuler atau ekskul pramuka bagi guru yang membina kegiatan kepramukaan di SMP pada tingkatan penggalang.

Program tahunan ini diharapkan bisa memberikan manfaat bagi pihak yang dituju dalam menyusun program tersebut.

Yang saya bagikan ini hanyalah sekadar contoh. Setiap contoh tidak pastinya tidak ada yang sempurna. Maka dari itu, segala kekurangan yang ada di dalamnya mohon dimaklumi.

Baiklah...
Program tahunan pramuka penggalang yang saya bagikan ini secara keseluruhan nampak seperti tabel. Adapun susunan dari program tersebut meliputi:
  1. Judul (program tahunan kegiatan ekstrakurikuler pramuka penggalang)
  2. Nama sekolah
  3. Tahun pelajaran
  4. Tabel (terdiri dari kolom: nomor, nama kegiatan, bulan ke-, dan keterangan).
Contohnya dapat Kakak pembina lihat pada gambar berikut.





Demikian contoh yang dapat saya sajikan dalam postingan ini. Semoga bermanfaat dan dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya.
Apabila menginginkannya dalam bentuk file excel (.xls), Bapak/Ibu pembina dapat mendownload xls melalui tautan di bawah ini.