Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kumpulan Contoh Amanat Pembina Upacara yang Singkat

Pada artikel terbaru ini kami akan berbagi kumpulan contoh amanat pembina upacara yang dapat digunakan sebagai bahan materi pidato pada hari senin di sekolah dasar. Contoh amanat yang ditulis di artikel ini umumnya pendek, sehingga Bapak/Ibu guru yang akan menjadi pembina di hari senin nanti bisa menyampaikannya dalam waktu yang relatif singkat. Dikarenakan singkat, sudah pasti Anda dapat menghafal teks-nya dengan mudah.
Kumpulan Contoh Amanat Pembina Upacara yang Singkat

Tema amanat yang dibagikan meliputi tentang:
  • Menjaga Kebersihan
  • Meningkatkan Disiplin
  • Menumbuhkan Motivasi Belajar
  • Budaya Gemar Membaca
  • Tanggung Jawab.

Berikut ini kumpulan contoh amanat pembina upacara yang kami bagikan.

Amanat Pembina Upacara dengan Tema Menjaga Kebersihan Kelas dan Lingkungan Sekolah

Contoh:

Bapak Kepala sekolah yang saya hormati...
Rekan guru, kepala perpustakaan, dan penjaga sekolah yang saya hormati...
Anak-anak yang saya sayangi.
Selamat pagi semuanya.
Semoga di hari ini semua ada dalam keadaan sehat.

Pada kesempatan ini, saya akan menyampaikan sedikit amanat tentang pentingnya menjaga kebersihan kelas dan lingkungan sekolah.

Hadirin yang berbahagia.
Kebersihan kelas dan lingkungan sekolah adalah tanggung jawab kita bersama sebagai warga sekolah. Dengan kelas dan sekolah yang bersih kita dapat merasakan kenyamanan, baik nyaman saat belajar dan nyaman ketika berada di sekolah.

Ditinjau dari segi kesehatan, lingkungan yang bersih merupakan salah satu indikator tempat yang steril dan jauh dari penyakit. Itu artinya, dengan kelas dan sekolah yang bersih dari sampah maka warga sekolah yang ada di dalamnya akan sehat.

Ditinjau dari segi psikologis, lingkungan yang bersih juga dapat memberikan ketenangan jiwa.

Oleh sebab itu, dengan menjaga kebersihan kelas dan lingkungan sekolah, secara tidak langsung kita sudah merawat diri kita agar tetap sehat dan menjaga hati kita tetap tenang.

Jadi, mari kita jaga kebersihan demi kesehatan kita semua...
Sekian yang bisa disampaikan.
Mohon maaf jika ada kekurangan.
Terima kasih atas perhatiannya.
Salam...

Amanat Pembina Upacara tentang Cara Meningkatkan Kedisiplinan

Contoh:

Anak-anakku sekalian yang kami bangga-kan.
Kedisiplinan merupakan modal untuk sukses.
Orang-orang yang telah mencatat sejarah di dunia ini sukses karena ketekunan dan kedisiplinannya.

Pada dasarnya semua manusia memiliki sifat disiplin. Hal yang kecil misalnya saat perut kita lapar maka lambung akan berbunyi. Itu menandakan bahwa perut atau lambung kita juga disiplin, mereka berbunyi saat lapar.

Ketika berbicara tentang kedisiplinan, artinya kita juga sedang membicarakan manajemen waktu. Kenapa? Karena kita manusia ada dalam dimensi waktu.

Waktu yang 24 jam dalam sehari ini tentunya akan memiliki hasil yang berbeda untuk setiap orang, terutama dalam menjalankan aktivitas.

Para ilmuwan dan orang-orang sukses lainnya menyadari bahwa setiap orang memiliki waktu yang sama dalam sehari. Dan mereka sudah berhasil mengatur waktu mereka dan disiplin dengan apa yang mereka rencanakan.

Siapa di antara kamu sekalian yang mau sukses?
Pasti semuanya ingin sukses.
Untuk mencapai kesuksesan kuncinya adalah disiplin dan tekun. Selain itu, kunci untuk memenangkan sebuah pertandingan adalah disiplin.

Bagaimana agar kita disiplin?
Caranya adalah dengan berkomitmen dengan hal yang sudah disepakati, konsisten dalam mengerjakan semua yang sudah direncanakan.

Dengan terus menerus konsisten maka secara tidak disadari kedisiplinan kita akan meningkat dan pintu kesuksesan akan terbuka lebar bagi semua orang yang disiplin.

Sekian yang bisa saya sampaikan. Semoga amanat yang sudah disampaikan bermanfaat bagi kita semua.
Mohon maaf jika ada salah kata.
Terima kasih atas perhatiannya.
Salam.

Amanat Pembina Upacara dengan Tema Meningkatkan Motivasi dalam Belajar

Contoh:

Siswa dan Siswi SDN 1 ... yang saya sayangi.

Motivasi merupakan sebuah dorongan yang berasal dari dalam diri untuk bergerak melaksanakan sesuatu demi mencapai tujuan.

Saat berbicara tentang motivasi, tentu pada akhirnya kita akan membahas cita-cita.

Coba, Ibu mau tanya, perwakilan saja, yang menjadi ketua kelas angkat tangannya.
Ya. Apa cita-cita kalian nanti saat sudah besar?

Bagus sekali cita-cita kalian.
Ada yang ingin menjadi dokter, guru, pengusaha, polisi, arsitek. Semuanya adalah cita-cita yang baik.

Anak-anakku sekalian...
Untuk mencapai cita-cita itu, kamu sekalian harus berjuang mewujudkannya. Jadikan cita-cita kamu sebagai motivasi untuk belajar lebih giat demi mewujudkannya. Dengan demikian, belajar akan lebih ter-motivasi karena memiliki tujuan yang jelas.

Sekian amanat yang bisa saya sampaikan. Semoga amanat yang singkat ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Salam...

Amanat Pembina Upacara dengan Tema Membudayakan Gemar Membaca

Contoh:

Seluruh siswa SDN 1 harapan yang Ibu cintai.

Buku adalah gudangnya Ilmu; begitulah istilah yang sering kita dengar.
Buku merupakan benda yang kecil namun sangat besar manfaatnya, karena melalui buku itu kita dapat membaca dan mengetahui apa yang tidak kita ketahui. Dengan demikian, apa artinya sebuah buku jika tidak dibaca.

Anak-anakku sekalian...
Membaca adalah kegiatan yang memang sukar untuk dilaksanakan jika tidak terbiasa, akan tetapi, jika kita sudah terbiasa membaca, maka membaca akan menjadi sebuah keinginan atau kebutuhan pokok yang tidak bisa ditunda. Oleh sebab itu, kita perlu membiasakan diri untuk membaca.

Banyak manfaat ketika kita senang membaca.
Pertama, wawasan kita akan bertambah. Kedua, kemampuan membaca kita akan meningkat. Dan ketiga, kita akan selalu merasa kekurangan dengan ilmu; karena semakin kita banyak tau, maka kita akan semakin merasa bahwa betapa luasnya ilmu pengetahuan.

Anak-anakku yang saya cintai...
Sekolah kita memiliki perpustakaan. Banyak buku yang tersedia di perpustakaan kita. Kalian bisa mempergunakan perpustakaan itu sebagai tempat belajar dan mencari ilmu. Manfaatkan buku-buku perpustakaan untuk memperkaya pengetahuan kita dengan membacanya.

Seperti yang sudah dikatakan di awal, bahwa apa artinya sebuah buku jika tidak dibaca. Maka dari itu, mari kita membudayakan gemar membaca dengan menyisihkan waktu 30 menit sehari untuk membaca. Jika itu terus dilakukan, Ibu percaya lama kelamaan kita akan terbiasa dan kita akan mulai menyadari bahwa membaca itu adalah suatu kebutuhan.

Sekian amanat yang bisa Ibu sampaikan. Mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua.
Terima kasih untuk perhatiannya.
Salam...

Amanat Pembina Upacara tentang Tanggung Jawab

Contoh:

Siswa dan siswi yang kami cintai...
Tanggung jawab merupakan sikap kesatria yang perlu dimiliki oleh setiap orang. Oleh sebab itu, sikap tanggung jawab perlu ditanamkan sejak kecil.

Membereskan tempat tidur saat bangun, membantu orangtua di rumah, itu termasuk pekerjaan yang bisa menumbuhkan tanggung jawab saat masih kecil.

Kehadiran kita dalam upacara ini dan datangnya kita ke sekolah juga termasuk bentuk tanggung jawab terhadap diri sendiri dan kepada Negara.

Ketika kita berbicara tanggung jawab, maka tanggung jawab tidak hanya berlaku untuk diri kita sendiri, tapi juga terhadap orang lain, alam, dan semua hal yang ada di sekitar kita. Oleh sebab itu, semua hal yang kita kerjakan membutuhkan tanggung jawab.

Saat seseorang bertanggung jawab pada dirinya, maka ia akan melaksanakan pekerjaannya dengan sungguh-sungguh.

Ketika seseorang bertanggung jawab pada orang lain maka ia akan selalu menjaga hubungan baik dengan orang lain di sekitarnya.

Ketika seseorang bertanggung jawab pada alam maka ia selalu menjaga dan memelihara alam dengan bijaksana.

Oleh sebab itu, mari kita berusaha untuk selalu bertanggung jawab pada semua hal yang kita kerjakan agar tercipta karakter kesatria di masa depan.
Sekian yang bisa Ibu sampaikan pada amanat kali ini.
Terima kasih atas perhatiannya.
Semoga yang diamanatkan dapat bermanfaat bagi kita semua dan mohon maaf apabila terdapat kekurangannya.

Baca juga:

Nah itulah kumpulan contoh amanat pembina upacara singkat yang dapat kami bagikan. Semoga contoh amanat yang singkat yang kami tulis di blog ini mudah untuk di-hafal-kan dan dapat menjadi bahan materi untuk Bapak/Ibu guru di sekolah dasar yang akan menjadi pembina upacara pada hari senin.