Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Meningkatkan Jumlah Pengunjung Blog tanpa Media Sosial

Banyak blogger di luar sana yang mungkin selalu menggunakan sosial media untuk meningkatkan jumlah pengunjung blognya. Tidak bisa disalahkan sih, karena sosial media memang salah satu tempat strategis untuk membangun audiens setia. Kegiatan blogger di sosial media pada umumnya adalah membagikan link artikel di grup atau fanspage yang targetnya adalah orang yang membutuhkan informasi.

Selain sosial media, sebenarnya masih ada teknik yang tak kalah bagusnya dengan sosial media, bahkan mungkin lebih baik untuk meningkatkan jumlah pengunjung blog.

Nah, pada kali ini, saya akan membahas cara meningkatkan jumlah pengunjung blog atau website tanpa menggunakan media sosial sebagai tempat sharing atau promosi konten.

Apa saja cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kuantitas pengunjung di blog kita?

1. Melakukan Riset Kata Kunci

Riset kata kunci adalah kegiatan para pebisnis online yang haus akan trafik organik. Dengan melakukan riset, kita dapat mengetahui seberapa besar volume penelusuran bulanan pada suatu kata kunci. Dengan demikian, kita akan tau konten yang banyak dicari oleh pengguna internet setiap bulannya.

2. Membuat Konten dengan Kata Kunci Penelusuran Rutin (Memiliki Volume Pencarian Setiap Bulan)

Cara yang ke-2 ini adalah tindak lanjut dari riset kata kunci. Setelah kita tau topik apa yang banyak dicari pengguna internet, maka selanjutnya kita harus membuat konten dengan kata kunci yang banyak di-searching. Jika konten yang kita buat masuk pada 10 besar halaman pertama search engine Google misalnya, maka jumlah pengunjung di blog akan bertambah banyak.

Bayangkan jika kita membuat 1 saja konten dengan volume penelusuran 1000 per-bulan, sudah pasti blog kita akan kebanjiran pengunjung. Belum lagi kalau kita membuat banyak konten dengan rata-rata penelusuran 500 perbulan, dalam waktu yang singkat mungkin pengunjung bisa mencapai ribuan perhari.

Tapi, perlu diingat, ini bukan pekerjaan mudah.
SEO bukanlah pekerjaan yang singkat. Butuh waktu dan kerja keras agar blog atau website kita benar-benar bisa menduduki peringkat bagus di mesin pencari seperti Google.

3. Mengoptimalkan Onpage SEO pada Blog Anda

Sebenarnya merupakan kabar gembira jika ada beberapa postingan di blog Anda menempati posisi baik di Google, misalnya mendapatkan peringkat ke-2 pada halaman pertama. Mengapa? Karena itu bisa kita jadikan "modal" untuk membangun SEO Onpage di blog.

Apa itu SEO Onpage? Berdasarkan referensi yang saya baca dari blog atau situs-situs para pakar SEO, SEO Onpage merupakan suatu upaya memaksimalkan kekuatan konten dalam blog Anda dengan membangun link dari satu pos ke postingan lainnya dalam sebuah blog.

Di artikel lain saya pernah membahas tentang cara memanfaatkan landing page untuk menaikkan popularitas halaman lain pada sebuah blog. Adapun poin ke-3 ini (optimasi SEO Onpage) tekniknya kurang lebih seperti pada pembahasan di artikel tersebut.

Ketika satu atau beberapa postingan Anda mendapatkan peringkat baik di Google maka akan semakin banyak orang yang melihat dan membacanya. Ketika pengunjung ada di blog dan merasa nyaman dengan konten yang Anda buat, mungkin mereka akan terus menghabiskan waktu di blog Anda dengan terus membuka link-link yang terkait pada konten tersebut.

Ketika pengunjung membuka link ke postingan lain yang terkait dengan postingan populer di blog Anda, maka postingan tersebut kemungkinan besar akan ikut terbawa baik peringkatnya.


Kesimpulan:
Selain penggunaan media sosial untuk meningkatkan jumlah pengunjung blog, ternyata ada cara lain yang bisa kita gunakan untuk hal tersebut yakni dengan research keyword (riset kata kunci) dan membuat konten dengan kata kunci penelusuran rutin. Tidak masalah seberapa besar volume penelusurannya yang penting konten buatan kita mampu menduduki peringkat baik di Google, dengan begitu maka peningkatan jumlah pengunjung di blog/ website Anda pun bukan menjadi impian lagi. Jika demikian, maka sosial media tidak akan begitu Anda perlukan.