Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Surat Lamaran CPNS Guru SD-SMP Pemkab

Pemerintah RI di tahun 2019 membuka kembali lowongan CPNS untuk formasi umum Guru SD & SMP. Pendidikan dasar dalam pelaksanaan seleksi ditangani oleh PANSELNAS tingkat kabupaten dan persyaratan-nya diserahkan pada kebijakan oleh pemerintahan daerah (PEMDA atau PEMKAB) setempat yaitu Bupati. Menghadapi momen pendaftaran CPNS, setiap calon peserta yang ingin mendaftar CPNS diharuskan registrasi melalui portal SSCN.BKN.go.id dengan mengunggah beberapa berkas syarat pendaftaran sesuai kebijakan di instansi masing-masing. Di antara syarat-syarat yang diperlukan salah satunya adalah surat lamaran menjadi CPNS pada formasi guru di sekolah tertentu yang dipilih dan ditujukan kepada Bupati daerah setempat.


Berdasarkan ketentuan di tahun sebelumnya, surat lamaran CPNS Guru SD & SMP di Kabupaten Garut harus ditulis manual (dengan tulisan tangan atau tidak diketik). Surat tersebut nantinya mesti di-scan dan diubah berkasnya ke format pdf dan akan diunggah ke akun SSCN BKN sang pelamar. Fakta membuktikan di tahun 2018, banyak peserta yang tidak lolos seleksi administrasi dikarenakan format surat lamaran yang ditulisnya tidak sesuai dengan format yang diharapkan oleh Bupati dan itu tidak bisa dianggap hal sepele karena jika gagal seleksi administrasi maka pelamar tidak bisa mengikuti tes seleksi kompetensi dasar (SKD).


Mengingat begitu penting surat lamaran CPNS Guru SD & SMP di Pemkab (Pemerintahan Kabupaten) karena bisa menjadi penyebab gagalnya seleksi administrasi jika formatnya salah, maka dalam penulisannya pun harus benar diperhatikan agar seleksi administrasi CPNS dapat berhasil dan bisa lanjut mengikuti SKD.


Surat lamaran CPNS formasi guru SD & SMP yang benar versi Pemkab Garut harus mencakup bagian-bagian sebagai berikut:

1. Tempat & tanggal pembuatan surat;
2. Orang & tempat yang dituju yakni Bupati di Tempat;
3. Identitas atau Biodata pelamar yang terdiri dari nama, TTL, L/P, pendidikan, unit penempatan, jabatan yang dilamar, alamat, dan nomor yang dapat dihubungi;
4. Kalimat permohonan lamaran;
5. Penyebutan berkas-berkas atau dokumen yang dilampirkan sesuai dengan syarat pendaftaran pada portal SSCN BKN;
6. Kalimat penutup;
7. Bagian nama jelas pelamar dan tanda tangan pelamar di atas materai 6000.

Demikian bagian-bagian surat lamaran untuk menjadi CPNS Guru SD atau SMP di Kabupaten Garut.


Contoh lebih jelasnya bisa melihat gambar berikut.








Nah, itulah contoh surat lamarannya.


Catatan penting: Apabila ingin surat lamaran CPNS pada formasi guru SD-SMP di Pemkab yang Saudara tulis bisa lolos seleksi administrasi, maka Saudara harus selalu memantau situs Badan Kepegawaian Daerah atau Kabupaten setempat karena segala informasi tentang CPNS selalu diupdate melalui situs BKD masing-masing daerah, termasuk informasi terkait contoh dan format surat lamaran.


Demikian pembahasan ini saya sampaikan. Semoga ulasan dan contoh yang dibagikan dapat bermanfaat.