Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berapa Lama Postingan di Blogger ditampilkan ke Google?

Kali ini saya akan menjawab pertanyaan yang saya temukan di sebuah tool online yang baru dengan kegunaan untuk melengkapi pertanyaan yang belum terjawab di search engine dengan kata kunci: Berapa lama postingan di Blogger ditampilkan ke Google?

Jawaban untuk pertanyaan tersebut sebetulnya sudah ada yang membahas, namun di sini saya ingin berkontribusi untuk menjawab pertanyaan itu berdasarkan pengetahuan dan pengalaman saya selama aktif di dunia blogging khususnya Blogger.

Yang saya ketahui, Google akan mengindeks sebuah postingan lebih cepat apabila:

  1. Postingan bersifat baru, masih sedikit pembahasannya, atau belum pernah dibahas di Google
  2. Postingan yang di-publish harus memuat informasi lengkap atau kaya informasi
  3. Postingan akan lebih cepat muncul di hasil pencarian apabila di-submit ke Search console (dengan meminta pengindeksan langsung)
  4. Postingan sudah banyak yang melihat dan disukai oleh pembaca.
Untuk permasalahan berapa lama waktunya (detik, menit, jam, atau hari) itu tergantung pada volume penelusuran blog Anda juga.

Mengapa?
Karena semakin sering blog dikunjungi, maka perayapan URL di blog pun akan lebih cepat, sehingga itu pun dapat mempengaruhi seberapa lama postingan dapat ditampilkan ke Google penelusuran.

Semakin baik isi postingan dan optimasinya, maka akan semakin cepat postingan Anda diindeks. Jika sudah diindeks, maka peluang muncul di Google pun semakin besar.

Saya pernah membuat postingan yang memang belum banyak dibahas, hasilnya postingan tersebut lebih cepat muncul di Google. Saya juga pernah membuat postingan yang volume penelusurannya besar, namun postingan tersebut lambat sekali diindeks.

Faktornya bisa karena informasi yang saya tulis sudah terlalu banyak dibahas oleh blog lain, atau postingan yang dibuat terlalu tinggi tingkat persaingannya di Google.

Jadi, berapa lama postingan di blogger bisa muncul di google? Jawabannya bisa dalam hari, jam, menit, bahkan detik. Semua bergantung pada konten yang dibuat.

Kuncinya agar muncul lebih cepat yaitu utamakan menulis postingan yang masih jarang dibuat oleh orang lain dan memilih judul atau kata kunci yang kecil persaingannya.

Sekian jawaban yang dapat saya berikan untuk pertanyaan tersebut di atas. Semoga bermanfaat dan tetaplah bersemangat dalam menulis.
Happy blogging...