Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Surat Pernyataan Izin Orang Tua untuk Mengikuti Kegiatan Pramuka

Selamat datang di Dokumen Sekolah Dasar.
Pada artikel ini, kita akan membahas tema surat izin pramuka, lebih tepatnya yaitu surat pernyataan izin dari orang tua/ wali untuk mengikuti kegiatan pramuka. Surat tersebut sering digunakan dalam kegiatan ekstrakurikuler pramuka guna memfasilitasi orang tua anggota pramuka dalam menyatakan izinnya kepada pembina melalui surat pernyataan yang dimaksud.

Contoh surat ini kami tujukan bagi pengurus dan pembina yang akan membuatnya untuk keperluan dan kelancaran kegiatan pramuka di gugus depan masing-masing.

Baik...
Sebelum ke contoh suratnya, izinkan admin untuk membahas sedikit mengenai definisi atau arti, kegunaan dan manfaat surat tersebut, apa saja hal yang harus dicantumkan pada surat pernyataan izin tersebut, dan bagaimana bentuk atau formatnya.

To the point saja ke pembahasannya di bawah.

Definisi atau Arti:
Surat pernyataan izin orang tua untuk mengikuti kegiatan pramuka yaitu surat resmi yang dibuat oleh pembina dengan tujuan untuk memfasilitasi orang tua anggota supaya dapat menyampaikan izinnya secara tertulis.

Manfaat:
Manfaat surat tersebut bagi pembina yaitu dapat dijadikan sebagai dokumen atau arsip terkait administrasi pramuka di GUDEP (Gugus Depan).

Secara umum, apa saja yang dicantumkan dalam Surat Pernyataan Izin Orang Tua?
Bagian-bagian yang perlu dicantumkan dalam surat tersebut di antaranya:

  • Judul
  • Pernyataan orang tua (memperkenalkan nama, alamat dan kontak yang bisa dihubungi)
  • Data anggota (siswa) yang diizinkan untuk mengikuti kegiatan
  • Pernyataan mengizinkan atau tidak mengizinkan anak untuk ikut
  • Penutup
  • Tempat dan tanggal dibuatnya pernyataan
  • Tanda tangan orang tua anggota.
Bagaimana format suratnya?
Perlu diketahui bahwa format surat izin kegiatan pramuka ini bersifat umum. Jadi, Kakak bisa menggunakannya untuk membuat surat izin menjadi anggota pramuka, mengikuti camping atau perkemahan sabtu-minggu atau dikenal juga dengan PERSAMI, perkemahan 14 Agustus, mengikuti kegiatan lintas alam atau menjelajah, izin ikut pelantikan keanggotaan pramuka, dan kegiatan LKBB (Lomba Ketangkasan Baris Berbaris) dan sebagainya.

Berikut ini format atau contoh surat izinnya yang bisa Kakak lihat pada gambar berikut.






Cara membuat surat:
Cara membuatnya cukup mudah, Kakak dapat mengetik-nya sendiri di word pada komputernya masing-masing.
Cara mengisi:
Untuk mengisi format surat tersebut , Kakak hanya perlu menyesuaikan-nya dengan isian yang tersedia.
Hanya itu yang bisa saya sampaikan, apabila menginginkan dokumen dalam bentuk doc, Kakak bisa download pada tautan berikut.