Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengubah Dokumen Word Ke PDF (Online dan Offline)

Di artikel ini saya akan membahas tutorial tentang cara mengubah file, berkas, atau dokumen word (.docx) ke PDF dengan menggunakan 2 (dua) metode yang dikelompokkan menjadi metode Online dan Offline.

cara mengubah dokumen word ke pdf secara online dan offline


Mengubah Word ke PDF Online

Metode mengubah file word menjadi pdf secara online dapat dilakukan apabila Anda memiliki sambungan internet atau menggunakan data seluler maupun wireless dari hotspot yang bisa dilakukan melalui laptop, PC, maupun smartphone.

Cara mengubahnya yaitu dengan masuk ke situs penyedia layanan Convert Doc to PDF.
Berikut ini situs yang umumnya digunakan orang-orang untuk media convert doc to pdf.

Daftar Situs Penyedia Layanan Convert Doc to PDF

Beberapa contoh situs yang bisa digunakan untuk mengubah file word ke format pdf diantaranya yaitu:


smallpdf adalah situs pengubah file doc ke pdf yang bisa Anda gunakan gratis dan hasil convert-nya tidak mengandung watermark atau tanda air di file pdf-nya.


pdf2go juga masih sama dengan yang sebelumnya, yaitu bisa mengubah file lewat online dan gratis baik dari doc atau docx ke pdf.


ilovepdf ini juga sama merupakan situs penyedia convert doc ke pdf. Anda bisa mengupload atau mengunggah dokumen word yang ingin di-convert selanjutnya akan dikonversikan menjadi dokumen dalam format pdf.


convertio juga bisa digunakan sebagai alternatif untuk mengubah file word Anda ke pdf.

Cara Mengubah Dokumen Word ke PDF secara Online

Untuk mengubah dokumen Anda, Anda bisa menggunakan salah satu situs yang sudah dijelaskan di atas.

Jika Anda menggunakan laptop, komputer atau PC, netbook atau notebook, Anda bisa mengklik pilih file kemudian pilih file word yang ingin dikonversi ke pdf, kemudian klik ok, dan tunggu upload selesai. Jika upload sudah selesai maka akan ada pilihan untuk mendownload, setelah itu download pdf yang sudah selesai diproses. Anda juga bisa menggunakan teknik menyeret file ke kolom upload pada situs tersebut sehingga proses bisa lebih cepat.

Apabila menggunakan smartphone maka Anda bisa mengklik pilih, kemudian pilih file word di penyimpanan internal maupun eksternal yang ingin diubah di smartphone Anda. Terakhir, download file pdf yang sudah berhasil di-convert.

Mengubah Word ke PDF Offline

Untuk mengubah doc ke pdf secara offline juga sebetulnya masih bisa dilakukan secara langsung melalui office word Anda. Tentu saja fitur ini hanya tersedia dari office word 2003 ke atas seperti office 2007, 2010, 2013 dan seterusnya.

Cara ini bisa dilakukan saat Anda akan menyimpan dokumen Anda ke drive penyimpanan di komputer menjadi format tertentu sesuai keinginan Anda. Dikarenakan di artikel ini kita ingin mengubahnya ke pdf, jadi kita fokus mengubah file word ke pdf menggunakan office 2007, 2010, 2013, atau office di atas-nya.

Di sini saya akan menggunakan office word 2013.

Cara Mengubah Dokumen Word ke PDF Menggunakan Office Word 2013

Tahapannya meliputi:
  1. Buka dokumen word Anda di office word 2013 (2007 atau 2010 juga bisa)
  2. Klik File
  3. Simpan sebagai >> Komputer
  4. Klik Jelajahi
  5. Pilih Folder atau Drive Penyimpanan file
  6. Simpan sebagai jenis
  7. Pilih PDF.
Nah, itulah cara mengubah dokumen word ke PDF secara offline menggunakan office word 2013.

Semoga tutorial ini bermanfaat bagi Saudara, Guru, atau siapa pun Anda yang sedang membaca artikel ini.