Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Format Kartu Inventaris untuk Semua Ruangan di Sekolah

Kartu inventaris ruang sekolah adalah sebuah lembar kartu yang digunakan untuk mendata, mencatat setiap barang yang ada pada semua ruangan di sekolah, misalnya ruang kantor tata usaha atau TU, guru, seni, laboratorium, dan sebagainya.

Di sekolah, kartu inventaris ruang sekolah termasuk administrasi yang berkaitan dengan sarana & prasarana. Oleh sebab itu, yang mengisi kartu tersebut adalah pengurus aset atau barang inventaris sekolah. Dikarenakan kartu ini sifatnya penting untuk dimiliki, maka pada postingan ini saya akan membagikan contoh format kartu inventaris ruang sekolah.

Sesuai dengan judul, maksud dari serba guna di sini adalah kartu inventaris ruang yang bisa dipakai untuk mencatat dan mendata barang pada ruang mana pun yang ada di sekolah. Artinya, contoh format yang dibagikan bersifat umum dan berlaku untuk semua jenis ruangan yang berada di sekolah.

Untuk apa kartu inventaris ruang sekolah dibuat?

Kartu inventaris tersebut dibuat dengan tujuan untuk menertibkan administrasi atau pendataan inventaris di suatu sekolah supaya data barang-barang yang ada bisa diketahui bagaimana kondisi atau keadaannya dari waktu ke waktu, sehingga pengelola inventaris dapat memilah barang yang perlu diganti, diperbaiki, dan sebagainya.

Apa saja data yang dikumpulkan atau dicatat dalam kartu inventaris ruang sekolah?

Data yang diambil dari kegiatan inventarisasi di antaranya:

  • Satuan pendidikan atau sekolah
  • Ruangan yang akan diperiksa barangnya
  • Tahun pembuatan atau pembelian barang yang dinventariskan
  • Kode barang
  • Jumlah barang
  • Harga beli
  • Keadaan barang (baik, cukup, dan rusak)
  • Sumber dana.

Dapatkah menggunakan format ini untuk mendata barang di ruang perpustakaan sekolah?

Tentu bisa karena ini adalah format yang serba guna. Dengan kata lain, bisa digunakan untuk mendata barang yang ada di ruang seni, kantor kepala, ruang guru, tata usaha, laboratorium, aula, termasuk perpustakaan.

Bagaimana format kartu inventaris ruang sekolah tersebut?

Berikut ini dapat Anda lihat bentuk kartu inventaris ruang sekolah dengan format serba guna pada gambar di bawah ini.




Apabila Anda ingin mendapatkan format di atas dalam bentuk dokumen word (doc), Anda dapat mendownloadnya lewat tautan berikut:

Download:

Contoh Format Kartu Inventaris Semua Ruangan di Sekolah.doc

Demikian yang dapat dibagikan, semoga format tersebut bisa dijadikan acuan oleh sekolah dasar lain dalam membuat kartu inventaris ruang di sekolahnya masing-masing.