Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips atau Kiat Mendidik Siswa di Sekolah Dasar

Menjadi guru kelas di SD memang gampang-gampang susah karena mendidik siswa pada tingkatan sekolah dasar membutuhkan kesabaran ekstra dalam menghadapinya. Kita tahu bahwa siswa SD memang cukup sulit diatur karena mereka masih dalam masa anak-anak. Meski demikian, siswa di sekolah dasar masih tetap bisa kita didik dengan mudah, dengan catatan terlebih dahulu kita mencari tahu apa yang mereka sukai.

Kok mencari tahu kesukaannya?

Jelas, untuk bisa mendidik siswa maka langkah awalnya kita harus bisa merebut perhatian mereka terlebih dahulu. Jika mereka mau memperhatikan kita, maka kita akan lebih mudah berkomunikasi dengan siswa, sehingga apa yang kita ucapkan dapat mereka dengar dan perhatikan.

Jadi kunci utamanya adalah merebut perhatian siswa supaya mau memperhatikan kita sebagai guru mereka. Tapi, yang menjadi permasalahannya yaitu merebut perhatian siswa SD tidaklah mudah. Memang benar, tapi akan selalu ada jalan menuju roma. :)

Ya, yang pasti kita perlu strategi.





Strategi merebut perhatian siswa cukup mudah.
Bagaimana?

Beberapa strategi yang bisa diterapkan agar mendapatkan perhatian siswa.

Strategi Ampuh untuk Mendapat Perhatian Siswa


Strateginya terdiri dari:

Melakukan pendekatan

Pendekatan itu memang penting, sebab dalam memecahkan suatu permasalahan kita perlu data konkret yang harus dikumpulkan sebagai bahan analisa. Jika kita ingin mendidik siswa yang sukar diarahkan tentunya ada permasalahan di balik sikap mereka yang menjadikannya seperti itu. Di sanalah peran guru kelas sebagai konselor.

Di kelas tentunya tidak semua siswa sulit diatur. Mungkin hanya beberapa anak saja yang demikian dan kita perlu melakukan pendekatan kepada anak yang seperti itu guna menggali informasi yang diperlukan sebagai dasar studi kasus.

Jika sudah ditemukan penyebabnya, selanjutnya kita dapat menindaklanjuti permasalahan guna melakukan perbaikan.

Menjadi Guru yang Menyenangkan bagi Siswa

Semua siswa pasti ingin gurunya terlihat menyenangkan di mata mereka. Jika mereka senang kepada guru maka siswa akan lebih respect dan kita pun akan lebih mudah mendidik.

Bagaimana menjadi guru yang menyenangkan?

Guru yang menyenangkan menurut persepsi umum yaitu guru yang bisa membuat siswa jadi nyaman dalam belajar, mampu menjadi entertainer di dalam kelas, murah senyum, bertutur kata yang lemah lembut, dan memiliki jiwa penyabar.

Memang kriteria di atas bisa dikatakan sempurna. Tapi apa salahnya kita sebagai pendidik dapat menerapkan hal itu dalam bersikap.

Menjadi Guru yang Dermawan?

Semua orang pasti suka pada orang yang dermawan, termasuk siswa. Tidak ada salahnya mungkin jika guru mencoba sesekali berbagi rezeki kepada siswa. Dengan demikian, siswa akan merasa disayangi sehingga mereka pun akan memperhatikan kita sebagai guru.

Tiga strategi di atas cukup ampuh dalam menarik perhatian siswa.
Strategi yang ke-1 (melakukan pendekatan) itu adalah strategi yang wajib dilakukan oleh guru dalam menyelesaikan berbagai masalah di kelas.

Langkah selanjutnya, ketika perhatian siswa sudah didapatkan maka kita dapat mendidik siswa agar menjadi pribadi yang lebih baik dengan memberikan keteladanan kepada mereka.

Kita bisa memberikan pemahaman akan pentingnya kasih sayang, saling membantu kepada orang lain yang kesulitan, saling hormat menghormati, dan keteladanan lainnya yang bisa membentuk karakter baik dalam diri mereka demi tercapainya tujuan pendidikan.

Demikian tips mendidik siswa pada jenjang sekolah dasar. Semoga tips yang diberikan dapat membantu dalam merebut perhatian siswa sehingga itu akan berguna bagi kita semua dalam mendidik siswa.