Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Saldo sudah 10 $, Mengapa Belum Muncul Verifikasi Akun AdSense?

Selamat datang rekan Blogger sekaligus pejuang AdSense.
Di postingan ini, saya akan berbagi pengalaman terkait verifikasi identitas ketika penghasilan atau saldo sudah mencapai 10$ atau 130000 IDR namun notifikasi untuk memverifikasi identitas belum muncul di akun AdSense.

Tepat pada tanggal 13 Februari 2020, saya kebingungan, mengapa tombol aksi untuk pengajuan PIN AdSense yang kata orang-orang akan muncul setelah penghasilan mencapai ambang batas (130000 IDR atau setara dengan 10 $) namun belum juga muncul di akun saya pribadi.

Karena saldo di akun saya memang sudah mencapai ambang tersebut, saya pun jadi penasaran mengapa bisa begini?

Lalu ada salah satu teman yang menyarankan untuk mengecek pesan masuk di gmail. Ternyata apa yang disarankannya benar. Saat saya login ke gmail saya, saya menemukan ada pesan masuk dari AdSense yang isinya harus memverifikasi identitas.

Tak lama kemudian saya memotret identitas saya kemudian saya upload (unggah) dan akhirnya berhasil.

Kesimpulan dari pengalaman saya ini mungkin bisa Sobat jadikan sebagai jalan pemecahan ketika di akun Adsense Anda saldo-nya sudah 130000 IDR tapi belum muncul notifikasi verifikasi identitas, maka untuk mengatasi itu Anda bisa coba login dulu ke gmail dan lihat barangkali ada pesan masuk dari AdSense yang isinya perintah untuk segera memverifikasi identitas Anda.

Jadi, tidak perlu panik.
Anda bisa mencoba saran tersebut.

Jika berhasil, artinya secara otomatis AdSense akan mengirimkan PIN ke alamat Anda sesuai dengan yang tercantum di kartu identitas yang Anda upload.

Di bawah ini saya juga membagikan tips tentang cara scan identitas supaya verifikasi langsung berhasil tanpa harus disuruh mengupload lagi oleh tim AdSense.

Tips Upload File Identitas Agar Verifikasi AdSense Langsung Berhasil

Tips meliputi:
  1. Usahakan gambar yang di-upload tidak buram, gelap, atau silau. Penting bagi Anda mengambil gambar pada siang hari (tidak pada malam hari) untuk menghindari cahaya lampu yang mengenai kartu Anda sehingga hasilnya akan terlihat silau
  2. Usahakan agar identitas Anda masih berlaku. Jadi penting untuk menggunakan kartu identitas yang berlaku seumur hidup
  3. Hasil scanning atau foto sebaiknya berkualitas tinggi (bisa diambil dengan menggunakan scanner atau bisa juga menggunakan kamera yang HD quality supaya gambar bagus dan terlihat jelas)
  4. Jika identitas yang ingin Anda upload diambil dengan kamera smartphone di malam hari, sebaiknya hindari memotret di bawah lampu dan tidak menggunakan blitz. Cara yang paling baik adalah dengan memotret kartu di ruangan gelap dan menyalakan pencahayaan penuh, gunakan kamera dengan hasil full screen, kemudian potret kartu pada bagian yang tidak terkena pencahayaan langsung. Hasil akhirnya pasti gambar akan berada di ujung layar, dan Anda bisa memotong (crop) bagian gambar yang dibutuhkan atau fokus pada bagian kartu yang diambil.
Mungkin hanya itu yang bisa saya sampaikan pada artikel ini.
Semoga bermanfaat.